PENGERTIAN FILOSOFI


  • Pengertian filosofi itu apa sih ?
  • Apa yang dimaksud dengan filosofi perusahaan ?
  • Apa itu filosofi ? Apa arti kata filosofi ?
  • Apa pengertian filosofi sistem ?
  • Apa pengertian filosofi administrasi perkantoran ?

Pengertian Filosofi


Pengertian Filosofi Menurut Para Ahli :

Apa yang muncul di pikiran teman-teman jika mendengar istilah filosofi, falsafah, atau filsafat? Rumit, njelimet, terkesan sangat serius dan tua sekali. Memang sebagian orang kurang tertarik mendalami hal-hal yang berhubungan dengan filsafat, akan tetapi ada orang-orang yang memiliki ketertarikan yang besar dengan hal-hal njelimet ini.

Menurut sejarahnya filsafat barat pertama kali muncul di Yunani sekitar abad ke-7 sebelum masehi. Sokrates, Plato, dan Aristoteles merupakan contoh filsuf (sebutan untuk orang yang mendalami filsafat) Yunani yang sering kita dengar namanya.

Filosofi, falsafah, atau filsafat merupakan tiga nama yang mengacu pada satu benda yang sama. Lantas apa sebenarnya filosofi itu? Mulai dari pengertiannya saja sudah membuat pusing karena ada begitu banyak pengertian filosofi menurut para ahli.

Arti filosofi adalah disiplin ilmu yang berfokus pada pencarian dasar-dasar serta penjelasan yang nyata (Chinn & Krammer : 1991)

Definisi filosofi adalah ungkapan seseorang mengenai sikap, nilai dan kepercayaan walaupun pada waktu yang lain ungkapan tersebut menjadi ideologi kelompok / kepercayaan kelompok (Moya Davis : 1993).

Pengertian filosofi adalah pendekatan berfikir tentang kenyataan meliputi tradisi, agama, marxime, existentialisme dan fenomena yang berhubungan dengn kesehatan masyarakat (Pearson & Vaughan : 1998)

Jika merujuk pada kamus besar bahasa Indonesia (KBBI) pengertian filosofi adalah pengetahuan dan penyelidikan dengan menggunakan akal budi mengenai hakikat segala yang ada, sebab adanya sesuatu, asal adanya sesuatu, dan hukumnya. Dalam filosofi kita akan mempelajari hakikat segala sesuatu dengan logika, akal, dan rasa. Misalnya mengenai alam semesta, dari mana asal muasal alam semesta? Atau mengapa alam semesta terbentuk?

Masih menurut kbbi, arti filosofi bisa berupa teori yang mendasari alam pikiran atau suatu kegiatan. Dalam filosofi kita akan mempelajari hal-hal yang mendasari segala sesuatu, mencoba mencari jawaban dari pertanyaan “mengapa” atas segala sesuatu.

Arti filosofi lainnya dalam kbbi adalah ilmu yang berintikan logika, metafisika, estetika, dan epistemologi. Dalam mempelajari filsafat kita juga memerlukan ilmu-ilmu penunjang yang akan diperlukan untuk memahami filsafat diantaranya logika, estetika, metafisika, dan epistemologi.

Dalam mempelajari filsafat dibutuhkan logika yang baik, yaitu kemampuan bernalar dan berpikir secara lurus, tepat, dan teratur. Sering kita dengar istilah masuk akal atau logis yang menunjukkan sesuatu yang dapat diterima akal sehat berdasarkan fakta-fakta yang ada. Dalam filsafat kita juga akan mempelajari estetika atau keindahan. Bagaimana kita melihat sesuatu dari sisi baik dan buruk, indah dan jelek, bukan hanya dari sisi benar atau salah.

Kebalikan dari estetika, dalam epistemologi kita akan melihat sesuatu dari sisi benar atau salah secara objektif. Kita akan mempelajari mengenai pengetahuan itu sendiri, dari mana sumbernya, bagaimana strukturnya, apa saja metode yang digunakan, dan validitas atau sahnya pengetahuan itu. Selain itu dalam filsafat kita juga akan mempelajari asal muasal adanya sesuatu dan hakekatnya, yaitu dalam bidang ilmu metafisika. Dalam hal ini kita mencoba mempertanyakan realitas dari keberadaan sesuatu.

Dari begitu banyak pendapat para ahli dapat diambil benang merah bahwa definisi filosofi adalah bidang ilmu yang mencari hakikat kebenaran mengenai segala sesuatu. Bisa dikatakan filosofi sebagai ratunya ilmu pengetahuan karena membahas pangkal atau pokok dari segala pengetahuan.

Adapun pengertian yang terkait dengan filosofi antara lain :

Pengertian filosofi pendidikan adalah hasil perenungan serta aliran pemikiran yang mendalam mengenai dunia pendidikan. Contoh filosofi pendidikan adalah : hidup dan belajar dengan melakukan sesuatu. (Pidarta : 2001)

Pengertian filosofi kebidanan adalah kerangka dasar yang menjadi pedoman untuk berpikir, bertindak serta mengambil keputusan dalam melaksanakan praktek kebidanan pada klien.

Pengertian filosofi bisnis adalah visi dan misi suatu bisnis serta bagaimana cara meraihnya. Contoh filosofi bisnis : Bisnis kami tidak berfokus pada mencari keuntungan semata, namun kami berfokus pada memberikan nilai serta memberikan pelayanan yang lebih kepada orang lain.

Pengertian filosofi organisasi adalah patokan yang dijadikan tolak ukur organisasi dalam suatu badan ataupun perusahaan agar perusahaan tersebut berjalan dengan baik dan benar. Contoh filosofi organisasi adalah memberikan pelayanan yang terbaik dengan harga yang menarik.

Pengertian filosofi musik adalah studi tentang pertanyaan mendasar tentang suatu musik. Contoh filosofi musik adalah : musik adalah persahabatan, musik adalah karya seni, musik adalah sesuatu yang melalaikan hati dsb.

Pengertian filosofi sistem adalah suatu bentuk model pemikiran yang menyeluruh tentang sesuatu hal sebagai satu kesatuan sistem. Contoh : filosofi sistem hukum & filosofi sistem operasi.

Pengertian filosofi pancasila adalah filosofi yang terkandung di dalam 5 sila yang menjadi sebagai filsafat hidup bangsa.

Pengertian filosofi manajemen adalah keseluruhan kepercayaan dan pengetahuan yang merupakan dasar yang cukup luas untuk mendeterminasikan berbagai pemecahan masalah di bidang manajemen dalam suatu organisasi. (Didin Nurdin : 2007)

Pengertian filosofi administrasi perkantoran adalah seperangkat kebijakan dan kegiatan yang bersifat fundamental yang apabila dilakukan dengan benar maka organisasi akan berjalan dengan baik dan mencapai tujuannya. Contoh : Filosofi administrasi perkantoran lama adalah kegiatan sehari-hari yang fokusnya adalah merencanakan pendataan suatu perkantoran. Sedangkan filosofi administrasi perkantoran baru adalah kegiatan sehari-hari yang fokusnya adalah merencanaan anggaran keuangan dan pembayaran.


Nah semoga teman-teman bisa memahami pengertian filosofi secara umum ya ! Baca juga pengertian fenomena 🙂