PENGERTIAN GEMAR


  • Pengertian gemar itu apa sih ?
  • Apa yang dimaksud dengan gemar ?
  • Apa itu gemar ? Apa arti kata gemar ?
  • Apa pengertian gemar membaca dan contohnya ?
  • Apa pengertian gemar beribadah ?

Pengertian Gemar


Pengertian Gemar Menurut Para Ahli :

Salah satu istilah yang sering kita gunakan ketika kita sangat menyukai sesuatu dan rela menghadapi berbagai rintangan untuk mendapatkannya adalah kata gemar. Gemar adalah kata sifat yang artinya suka sekali akan sesuatu. Orang yang sangat suka membaca dan rela menghabiskan waktu berjam-jam untuk membaca dapat kita sebut orang yang gemar membaca. Atau orang yang sangat suka memancing bahkan mampu memancing seharian juga dapat kita sebut orang yang gemar memancing.

Pengertian gemar adalah kesukaan seseorang terhadap sesuatu yang bisa dipengaruhi banyak hal, bisa karena pengaruh didikan semasa kecil, kenangan indah dengan sesuatu, sangat berbakat dalam bidang tersebut, dan hal-hal lainnya. Sesuatu yang kita gemari belum tentu juga disukai oleh orang lain karena karakter dan pengalaman hidup kita juga berbeda-beda.

Kata lain dari gemar atau persamaan kata gemar ini diantaranya doyan, senang, suka, asyik, dan hobi yang kesemuanya menunjukkan rasa suka terhadap sesuatu.

Dalam pemakaiannya kata gemar dalam bahasa Indonesia dapat diberi imbuhan diantaranya yang sering kita dengar dan gunakan adalah menggemari, penggemar, dan kegemaran. Ada juga kata gemar yang mendapat imbuhan yang cukup jarang kita dengar yaitu bergemar dan menggemarkan.

Kegemaran artinya kesukaan, kesenangan, barang apa yang digemari, atau bisa juga disebut hobi. Kata ini digunakan untuk menunjukkan sesutu yang digemari, bisa berupa benda, kegiatan, dan lain-lain. Bergemar artinya bersuka ria atau bersenang-senang. Kata ini jarang digunakan, orang lebih suka menggunakan kata bersuka ria atau bersenang-senang. Menggemarkan artinya menyenangkan atau menyebabkan rasa suka/senang di hati. Kata ini juga jarang kita gunakan sehingga terdengar sedikit asing atau ganjil.

Kata menggemari artinya sangat menyukai atau menyenangi sesuatu. Sementara kata penggemar merupakan sebutan untuk orang yang menggemari sesuatu. Istilah lainnya adalah fans. Bahkan sangat sering kita temui para penggemar yang berkumpul membentuk komunitas seperti penggemar artis Billy Syahputra yang menamai diri mereka ababil. Atau para penggemar band Slank yang menamai diri mereka slankers. Biasanya para penggemar ini sangat loyal dan fanatik terhadap idolanya. Mereka selalu berusaha hadir jika ada acara yang menghadirkan idolanya.

Makna kata gemar lainnya yang perlu kamu ketahui antara lain :

Pengertian gemar membaca adalah suatu pola kebiasaan seseorang untuk melakukan aktivitas membaca dari berbagai bacaan dan tidak hanya dari satu sumber saja yang bertujuan untuk memperoleh informasi secara luas dan merupakan salah satu cara untuk memperoleh ilmu. Contoh gemar membaca yaitu : membaca buku Akuntansi Pengantar, buku Akuntasi Lanjutan, Akuntansi Internasional, beraneka ragam jurnal akuntansi dsb yang bertujuan untuk memperoleh pengetahuan secara luas mengenai ruang lingkup dunia akuntansi.

Pengertian gemar beribadah adalah rajin untuk menunaikan segala perintahNya dan menjauhi semua laranganNya. Contoh gemar beribadah adalah sering mengaji, shalat 5 waktu sehari, shalat sunnah dsb. Namun derajat yang lebih tinggi lagi dari gemar beribadah adalah berilmu. Maka dari itu, selain kita gemar beribadah kita juga diwajibkan untuk belajar berbagai macam ilmu pengetahuan yang berguna untuk kehidupan di dunia dan di akhirat.

Pengertian gemar melakukan kegiatan kemanusiaan adalah rajin melakukan berbagai aktivitas kemanusiaan sebagai salah satu bentuk kepedulian yang nyata terhadap sesama. Contoh gemar melakukan kegiatan kemanusiaan yaitu : mendonorkan darah, membantu korban bencana alam, mengajarkan ilmu kebaikan kepada orang banyak, memberi makanan bagi orang yang tidak mampu dsb.


Itulah penjelasan singkat mengenai pengertian arti gemar. Nah semoga teman-teman bisa memahami pengertian gemar secara umum ya ! Baca juga pengertian geger 🙂