PENGERTIAN GEMPAL


  • Pengertian gempal itu apa sih ?
  • Apa itu gempal ? Apa arti gempal ?
  • Apa pengertian gempal dalam seni rupa ?
  • Apa definisi gempal / arti kata gempal ?

Pengertian Gempal


Pengertian Gempal Menurut Para Ahli :

Pengertian gempal adalah padat berisi, sintal ataupun montok, sering digunakan untuk menggambarkan bentuk fisik seseorang. Antonim gempal adalah kerempeng.

Pengertian gempal dalam elemen seni rupa adalah penggunaan tekstur dan bentuk bidang yang mempunyai dimensi kedalaman dan ketebalan.

Penggunaan kata gempal banyak dipakai untuk menggambarkan bentuk tubuh seseorang, di mana hal ini dimaksudkan sebagai wujud yang tidak kurus. Kata gempal artinya hampir sama dengan montok yang identik digunakan untuk menggambarkan fisik seorang wanita. Namun di dalam penggunaannya,kata montok lebih populer dan banyak digunakan bila dibandingkan dengan kata gempal itu sendiri.

Seseorang yang memiliki tubuh gempal akan digambarkan sebagai sosok berisi dan bahkan mendekati gemuk, di mana kata ini adalah antonim dari kata langsing. Pada umumnya penggunaan kata gempal digunakan untuk menggambarkan bentuk fisik seorang pria, sedangkan untuk seorang wanita akan lebih sering digunakan kata sintal ataupun montok. Meski dikategorikan pada ukuran fisik yang sedikit gemuk, namun orang yang memiliki tubuh gempal biasanya masih dalam ukuran wajar, di mana tubuhnya masih kencang dan berbentuk. Hal ini tentu saja berbeda dengan bentuk fisik orang gemuk yang kebanyakan akan memiliki sejumlah bagian tubuh yang menggelambir, seperti bagian pangkal lengan ataupun bagian perut.

Gempal juga sering digunakan untuk menggambarkan kondisi fisik seorang bayi atau anak-anak yang pada umumnya sedikit gemuk dan menggemaskan. Dalam penggunaannya pada fisik seorang bayi atau anak-anak, kata gempal akan identik dengan kondisi yang sehat dan terawat, di mana bentuk tubuh mereka jauh dari kurus.

Beberapa kalimat di bawah ini adalah contoh penggunaan kata gempal:

  • Tubuh anak itu yang tadinya kurus dan terlihat tidak sehat, sekarang berubah menjadi gempal dan sangat menggemaskan sejak ia ditemukan oleh kedua orangtuanya.
  • Gadis itu sangat rajin merawat tubuhnya dengan cara berolah raga, penampilan tubuhnya yang gempal dan sedikit berotot terlihat menarik dan membuatnya semakin cantik.
  • Jangan terlalu sering makan secara berlebihan, tubuhmu yang sudah gempal itu bisa berubahan menjadi gemuk karena timbunan lemak yang berlebihan.

Nah semoga teman-teman bisa memahami pengertian gempal ya ! Baca juga pengertian valid dalam penelitian 🙂