PENGERTIAN GERTAK SAMBAL


  •  Apa yang dimaksud dengan gertak sambal ?
  • Apa itu gertak sambal ?
  • Apa arti kata gertak sambal ?

Pengertian Gertak Sambal


Pengertian Gertak Sambal Menurut Para Ahli :

Pengertian gertak sambal adalah adalah sebuah ungkapan yang digunakan untuk mengambarkan segala bentuk tindakan / ancaman yang dilakukan oleh seseorang atau sekelompok orang terhadap yang lainnya dengan tujuan untuk menakut-nakuti orang tersebut.

Kata gertak sambal cenderung memiliki arti kata yang negatif, di mana sikap atau pernyataan yang dikeluarkan / diungkapkan dalam hal ini hanya bersifat sebagai ancaman dan basa-basi semata tanpa adanya sebuah realisasi. Penggunaan kata ini sering dipakai oleh orang / pihak tertentu yang sedang melakukan pertikaian, dan memiliki permasalahan dalam hal tertentu.

Ungkapan ini juga sering digunakan untuk mengambarkan sikap atau perilaku dari pihak-pihak berwenang dalam sebuah pemerintahan / negara yang sering melontarkan kata-kata bernada ancaman atau sindiran keras terhadap pihak / negara lain. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kata gertak sambal tidak hanya terbatas penggunaannya dalam lingkup yang kecil saja, namun ungkapan ini telah sangat familiar dan luas penggunaannya di dalam kehidupan masyarakat Indonesia.

Beberapa contoh penggunaan kata bertak sambal di dalam kalimat:

  1. Sikap dan pernyataan pemerintah Australia terhadap pemboikotan Pulau Bali sebagai daerah tujuan wisata bagi warga negaranya ternyata hanya gertak sambal semata.
  2. Keinginan Tono untuk minggat dari rumah bukan hanya gertak sambal semata, laki-laki pertengahan dua puluh tahun itu pergi meninggalkan rumah orang tuanya tepat tengah malam tadi.

Nah semoga teman-teman bisa memahami pengertian gertak sambal dan contohnya secara umum ya ! Baca juga pengertian bintang lapangan 🙂