PENGERTIAN GLOBAL


  • Pengertian global itu apa sih ?
  • Apa yang dimaksud dengan global ?
  • Apa itu global ? Apa arti kata global ?
  • Apa pengertian global positioning system ?
  • Apa pengertian pasar global dan contohnya ?

Pengertian Global


Pengertian Global Menurut Para Ahli :

Untuk lebih memahami definisi global ada baiknya kamu membaca beberapa definisi yang berkaitan dengan kata global dibawah ini :

Pengertian pasar global adalah pasar yang terbuka bagi seluruh pelaku usaha yang sudah berskala dunia atau biasa juga disebut dengan pasar internasional. Contoh pasar global adalah Pasar Bebas Asean (Asean Economic Community), APEC, AFTA dan GATT

Pengertian perspektif global adalah sudut pandang yang berkaitan dengan seluruh dunia bukannya wilayah tertentu atau suatu negara. Pendek kata, perspektif global adalah perspektif yang melibatkan sudut pandang seluruh dunia.

Pengertian pemanasan global adalah pemanasan yang tejadi dan mencakup seluruh kawasan di dunia, tidak hanya pada suatu negara tertentu saja.

Pengertian global positioning system adalah sistem navigasi berbasis sistem satelit yang menyediakan informasi mengenai lokasi dan waktu di semua kondisi cuaca dan di semua wilayah di dunia.

Pengertian global mapper adalah suatu software GIS yang banyak dipakai untuk mengolah data peta scan dan citra satelit bumi. Kegunaan globa mapper adalah untuk membuat tampilan 3D dan sebagai alat analisa data topografi yang luas dan menyeluruh. Harga software global mapper ini sekitar $400.

Dari contoh di atas dapat kita lihat bahwa istilah global merujuk pada segala sesuatu yang bersifat umum, menyeluruh, dan luas.

Menurut kamus besar bahasa Indonesia, pengertian global adalah kata sifat yang artinya secara umum dan keseluruhan, secara garis besar, yang meliputi seluruh dunia. Sementara kata mengglobal merupakan bentuk kata kerjanya yang berarti mendunia atau meluas ke seluruh dunia. Contoh penggunaannya antara lain : pemanasan global, krisis global, pemasaran global, ekonomi global, desa global, dan lain-lain.

Isu pemanasan global atau yang juga dikenal dengan global warming sudah sering kita dengar. Para aktivis lingkungan sering menyuarakan isu ini di berbagai kesempatan untuk menumbuhkan kesadaran manusia mengenai ancaman keselamatan bumi. Pemanasan global adalah pemanasan dunia yang ditandai dengan semakin naiknya suhu di bumi yang disebabkan meningkatnya gas-gas rumah kaca yang terperangkap di bumi seperti uap air, karbon dioksida, sulfur dioksida, dan metana. Polusi udara, pengrusakan hutan, dan penggunaan CFC yang tidak dikontrol merupakan sedikit dari beberapa penyebab pemanasan global. Dampaknya sudah kita rasakan pada saat ini seperti iklim yang tidak stabil, meningkatnya permukaan laut, suhu bumi yang terus naik, bahkan ikut menyebabkan punahnya hewan.

Istilah desa global mungkin masih asing bagi sebagian orang. Pengertian desa global adalah konsep yang diperkenalkan oleh Marshall McLuhan, seorang ilmuan komunikasi, dalam bukunya Understanding Media: The Extensions of Man pada tahun 1964. Konsep ini menganalogikan dunia sebagai sebuah desa yang sangat besar dan bagaimana teknologi informasi menyebabkan informasi sangat mudah disebarkan ke seluruh dunia. Dunia menjadi sangat terbuka, apa yang sedang terjadi di belahan bumi lain dapat dengan mudah kita ketahui dengan segera.

Ada satu istilah yang cukup populer dari kata global yang telah mendapat imbuhan isasi yaitu globalisasi. Pengertian globalisasi adalah proses yang menyebar luas ke seluruh dunia, dimana segala sesuatu dapat disebarkan dengan mudah ke seluruh dunia tanpa terikat batas-batas wilayah. Globalisasi sangat didukung oleh kemajuan teknologi khususnya teknologi informasi seperti internet. Contohnya kita dapat dengan mudah menyebarkan pemikiran kita melalui berbagai sosial media seperti facebook, twitter, dan lain-lain.


Nah semoga teman-teman bisa memahami pengertian global secara umum ya ! Baca juga pengertian gemar 🙂