PENGERTIAN GREGARIOUSNESS


  • Pengertian gregariousness itu apa sih ?
  • Apa yang dimaksud dengan gregariousness ?
  • Apa itu gregariousness ? Apa arti kata gregariousness ?
  • Apa pengertian gregariousness dalam sosiologi ?

Pengertian Gregariousness


Pengertian Gregariousness Menurut Para Ahli :

Gregariousness adalah sebuah istilah yang mengandung paham sosiologi di mana hal ini digambarkan sebagai sebuah bentuk dorongan, keinginan dan juga sikap manusia untuk selalu hidup berbaur dengan individu lainnya di dalam kehidupan bermasyarakat.

Pengertian gregariousness adalah naluri dari seorang manusia untuk :

  • cenderung bergaul dengan orang lain
  • menjalin ikatan persahabatan
  • membentuk suatu kelompok sosial

Pengertian naluri gregariousness berarti ingin menjalani hidup sociable bersama orang lain. Orang seperti ini mayoritasnya adalah extrovert.

Hal ini tentu saja akan menimbulkan reaksi dan interaksi di dalam masyarakat itu sendiri karena adanya / terjalinnya hubungan di antara satu individu dengan individu lainnya. Pada dasarnya manusia memang memiliki naluri untuk hidup berbaur bersama-sama dengan manusia lainnya, di mana hal ini akan menciptakan sebuah kehidupan sosial yang mana setiap orang tentu saja akan membutuhkan keberadaan orang-orang lainnya di sekitarnya. Ini juga menjadi salah satu hal yang menunjukkan bagaimana manusia adalah makluk sosial yang tidak bisa hidup sendiri dan terasing dari lingkungan manusia lainnya.

Sebagai makluk sosial, manusia selalu memiliki kecenderungan untuk melakukan kerja sama dengan manusia lainnya. Hal ini tentu saja akan membuat manusia selalu membutuhkan keberadaan manusia lainnya di dalam kehidupannya. Beberapa contoh hal yang menyebabkan menusia memiliki naluri gregariousness adalah seperti beberapa poin di bawah ini:

  • Keinginan untuk melanjutkan garis keturunannya.

Manusia memiliki naluri tersendiri yang dibawa dan berkembang seiring dengan pertambahan usianya, di mana hampir semua manusia memiliki keinginan “berkembang biak” dan mempunyai keturunan yang akan menjadi penerus garis keturunannya.

  • Keinginan untuk mempertahankan diri.

Dalam hal ini manusia pada umumnya akan selalu berusaha untuk memiliki sebuah kelompok / klan yang bisa diajak menjadi sekutu dan bagian dari kehidupannya sendiri dengan tujuan untuk menjadi lebih unggul dan bisa mempertahankan diri dari serangan kelompok lain di luar klannya.

  • Keinginan untuk memenuhi segala kebutuhannya.

Sejak dahulu kala telah diketahui bahwa di dalam memenuhi kebutuhan hidupnya manusia akan membutuhkan keberadaan / bantuan dari manusia lainnya, baik itu berupa dukungan moral maupun dukungan fisik. Bila dulu manusia akan membutuhkan teman untuk berburu makanan di hutan, maka saat ini manusia akan membutuhkan rekan bisnis dalam menangani beragam urusan pekerjaan.


Itulah penjelasan singkat mengenai contoh pengertian gregariousness dalam sosiologi. Semgoa artikel pengertian gregariousness ini bisa bermanfaat ya ! Baca juga pengertian individualistik dan contohnya 🙂