PENGERTIAN GROUNDBREAKING


  • Pengertian groundbreaking itu apa sih ?
  • Apa itu groundbreaking / arti kata groundbreaking ?
  • Apa definisi groundbreaking ?

Pengertian Groundbreaking


Pengertian Groundbreaking Menurut Para Ahli :

Pengertian groundbreaking adalah sebuah acara peresmian atau lebih tepatnya sebuah acara peletakan batu pertama yang dilakukan dalam sebuah proyek / pembangunan.

Bila diterjemahkan secara langsung dari bahasa Inggris, maka groundbreaking artinya “mencangkul”. Di luar negeri, acara peresmian awal sebuah proyek ditandai dengan mencangkul tanah dan kemudian pada cangkul tersebut diberi pita. Inilah yang menjadi cikal bakal kata groundbreaking.

Penggunaan kata groundbreaking telah banyak digunakan di dalam berbagai kesempatan, terutama di dalam berita yang disebarkan oleh berbagai macam media massa, baik itu lokal maupun internasional. Istilah ini sebenarnya pada awalnya hanya digunakan oleh kalangan yang terbatas saja, terutama oleh mereka yang terlibat di dalam bisnis properti dan berbagai proyek besar lainnya yang mencakup area luas. Namun karena adanya penggunaan dan pemberitaan yang cukup signifikan dari pihak media massa, maka istilah ini secara perlahan mulai dikenal dan digunakan oleh khalayak umum, meskipun belum begitu luas.

Groundbreaking banyak dilakukan oleh perusahaan-perusahaan berskala besar dan memegang berbagai macam proyek besar di dalam bisnis mereka, baik itu yang bersifat skala nasional maupun internasional. Di dalam pelaksaannya sendiri, groundbreaking merupakan istilah yang memiliki cukup banyak tujuan, di mana hal ini akan tergantung kepada proyek atau kegiatan apa yang akan dilaksanakan nantinya. Beberapa tujuan dari groundbreaking bisa dilihat di bawah ini:

  • Sebagai kegiatan awal yang menyenangkan dan ditujukan sebagai wujud rasa syukur atas pencapaian yang harus segera dilaksanakan / dikerjakan di hari yang akan datang.
  • Awal dari sebuah kerjasama yang diharapkan akan menghasilkan keuntungan dan keberhasilan bagi pihak-pihak yang terkait di dalam sebuah proyek.
  • Sebuah bentuk promosi yang akan mendatangkan banyak penawaran dan rasa ketertarikan dari para calon konsumen, hal ini biasanya dilakukan oleh para pebisnis yang bergerak di bidang properti.
  • Menjadi sebuah bentuk komitmen dan kerjasama yang baik di antara orang-orang yang terlibat di dalam sebuah proyek, di mana hal ini akan menjadi sebuah acara penting yang melibatkan seluruh bagian yang terlibat di dalam proyek tersebut.

Nah semoga teman-teman bisa memahami pengertian groundbreaking / arti groundbreaking ya ! Baca juga pengertian congkak 🙂