PENGERTIAN GUGUR GUNUNG


  • Pengertian gugur gunung itu apa sih ?
  • Apa yang dimaksud gugur gunung ?
  • Apa itu gugur gunung ?
  • Apa gugur gunung bahasa jawa ?

Pengertian Gugur Gunung


Pengertian Gugur Gunung Menurut Para Ahli :

Pengertian gugur gunung adalah bergotong-royong mengerjakan sesuatu demi kepentingan bersama, tanpa mengharapkan imbalan.  Ini merupakan istilah yang sering dipakai oleh masyarakat Jawa apabila sedang melakukan kerja bakti bersama-sama tanpa membeda-bedakan antara satu dengan yang lainnya.

Penggunaan kata gugur gunung untuk menggambarkan gotong royong demi kepentingan bersama ini sangatlah tepat. Gugur artinya mati atau roboh atau meninggal. Sehingga  dalam arti kasar gugur gunung berarti ramai-ramai merobohkan gunung. Suatu pekerjaan yang besar diumpamakan sebagai gunung, yang akan lebih ringan dan mudah bila dikerjakan secara bersama-sama.

Biasanya gugur gunung dilakukan pada hari Minggu, hari libur, atau menjelang hari raya dan peringatan kemerdekaan. Jenis kegiatan yang dilakukan antara lain membersihkan selokan atau parit, membuat jalan setapak dan pagar kampung, membangun pos kamling dan balai pertemuan, hingga membuat jembatan. Umumnya, gugur gunung dikerjakan secara berkelompok, misalnya satu kampung atau satu desa.

Gugur gunung mengajarkan kita bahwa kebersamaan dan kekeluargaan adalah hal yang penting dan harus selalu dijaga. Karena dengan kebersamaan dan kekeluargaan, pekerjaan yang besar dan nampak sulit sekalipun dapat dikerjakan dengan mudah.

Gugur gunung juga mengajarkan kita untuk memahami makna ikhlas. Sebab, mereka yang melakukannya  sama sekali tidak mengharapkan imbalan. Apa yang dikerjakan semata-mata hanya didasari rasa ikhlas dan kepedulian. Di sini kita menyadari bahwa uang tak selamanya jadi yang utama. Gugur gunung adalah warisan budaya yang patut kita lestarikan dan diestafetkan kepada anak cucu.

Dari gugur gunung juga kita belajar bagaimana mempunyai sikap dan sifat yang mau berkorban. Bagaimana mengutamakan kepentingan umum daripada kepentingan pribadi di mana semua kita lakukan demi sebuah rasa kemanusiaan juga bentuk tanggung jawab akan lingkungan tempat tinggal, baik itu kebersihan, keamanan dan juga ketertiban.

Dan yang paling utama adalah, gugur gunung mengajarkan kita akan pentingnya persatuan dan kesatuan. Dengan makna yang dalam seperti ini, gugur gunung akan sangat luar biasa efeknya bila kita aplikasikan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.


Itulah penjelasan singkat mengenai definisi gugur gunung. Nah semoga teman-teman bisa memahami arti gugur gunung dalam bahasa jawa ya ! Baca juga pengertian manifest dan laten 🙂