PENGERTIAN GUIDE DALAM PARIWISATA


  •  Apa yang dimaksud dengan guide ?
  • Apa arti kata guide ? Apa itu tour guide ?
  • Apa saja jenis jenis tour guide ?

Pengertian Guide Dalam Pariwisata


Pengertian Guide Menurut Para Ahli :

Pengertian guide atau pemandu wisata adalah seseorang / sekelompok orang yang bertugas untuk menemani, mengantaar, memberikan informasi dan saran kepada seorang / sekelompok wisatawan yang sedang melakukan perjalanan wisata.

Ada banyak hal yang menjadi alasan kenapa sebaiknya sebuah perjalanan wisata dilengkapi dengan panduan dari seorang guide / tour guide, beberapa di antaranya adalah:

  • Demi keamanan perjalanan, dalam arti menghindari resiko-resiko yang akan kita temui di dalam perjalanan wisata, seperti: jalur-jalur pendakian yang tidak bisa / terlarang untuk dilalui, waktu yang tepat untuk melakukan perjalanan dan tiba di tempaat wisata tertentu.
  • Mengurangi resiko tersesat saat melakukan perjalanan wisata.
  • Mendapatken informasi mengenai tempat wisata yang akan dikunjungi.
  • Memanfaatkan efisiensi waktu berwisata dengan cara mengatur perjalanan dan biaya dengan seefisien mungkin.

Guide dapat dibedakan dalam beberapa kategori berdasarkan ruang lingkup kegiatannya, antara lain :

  1. Tour Guide/Walking Guide adalah seorang / sekelompok pemandu wisata yang bertugas untuk memandu wisatawan dalam suatu tour.
  2. Transfer Guide seorang / sekelompok pemandu wisata yang bertugas untuk menjemput wisatawan di bandara, stasiun, pelabuhan menuju ke hotel atau sebaliknya mengantar wisatawan dari suatu hotel ke hotel lainnya.
  3. Driver Guide adalah pengemudi yang sekaligus berperan sebagai pemandu wisata yang bertugas untuk membawa wisatawan berkeliling ke tempat wisata yang menarik.
  4. Common Guide adalah pemandu wisata yang dapat melakukan kegiatan baik transfer maupun tour.
  5. Local / Expert Guide adalah pemandu wisata yang tugasnya khusus memandu wisatawan pada suatu objek lokasi wisata tertentu.

Nah semoga teman-teman bisa memahami pengertian guide dalam pariwisata & macam-macam tour guide secara umum ya ! Baca juga pengertian halo effect 🙂