PENGERTIAN HAYATI


  • Pengertian hayati itu apa sih ?
  • Apa yang dimaksud dengan sda hayati dan non hayati ?
  • Apa itu hayati ? Apa arti kata hayati ?
  • Apa pengertian hayati dan non hayati beserta contohnya ?
  • Apa definisi pupuk hayati ?

Pengertian Hayati


Pengertian Hayati Menurut Para Ahli :

Hayati merupakan kosakata bahasa Indonesia yang diserap dari bahasa asing yaitu bahasa arab, hayat. Pengertian hayati adalah segala sesuatu yang bersifat hidup atau berhubungan dengan kehidupan. Contoh penggunaannya seperti keanekaragaman hayati, sumber daya alam hayati, pupuk hayati dan lain-lain.

Pengertian keanekaragaman hayati adalah berbagai macam variasi tingkatan makhluk hidup baik berdasarkan bentuk, ukuran, tekstur, warna, dan sebagainya. Keanekaragaman hayati dalam bahasa inggris disebut dengan biodiversity. Kita harus bersyukur karena Indonesia termasuk negara yang sangat kaya dengan keanekaragaman hayati baik flora maupun fauna. Ada begitu banyak jenis tumbuhan dan hewan yang tersebar dari Sabang sampai Merauke.

Ada tiga tingkatan dalam keanekaragaman hayati yaitu keanekaragaman gen, jenis, dan ekosistem. Contoh keanekaragaman hayati tingkat gen adalah variasi jenis kelapa, ada kelapa gading, kelapa hijau, dan kelapa kopyor. Keanekaragaman hayati tingkat jenis dapat kita lihat pada variasi kelapa, aren, palem, siwalan, dan lontar.

Sementara keanekaragaman tingkat ekosistem dapat kita lihat pada variasi hewan yang hidup di ekosistem sungai dan ekosistem hutan mangrove atau hutan bakau. Pada ekosistem sungai yang berupa aliran air tawar dari satu arah ke arah lainnya banyak dihuni hewan seperti kura-kura, ikan, buaya, ular, dan plankton. Sementara ekosistem hutan bakau di atas rawa dengan air payau banyak dihuni hewan seperti kepiting, udang, ikan-ikan kecil, dan umang-umang.

Ada lagi istilah hayati laut. Pengertian hayati laut adalah keanekaragaman hayati yang bersumber dari laut. Contoh hayati laut adalah spons, rumput laut dan alga.

Pengertian keanekaragaman non hayati adalah keanekaragaman yang tersedia di alam bebas yang merupakan benda mati. Contoh keanekaragaman non hayati antara lain : udara (oksigen, nitrogen, helium, karbon dioksida), tanah (tanah liat, humus, vulkanik), sinar matahari dsb.

Hutan Indonesia kaya akan berbagai jenis hewan dan tumbuhan yang merupakan kekayaan sumber daya alam hayati. Pengertian sumber daya alam hayati adalah sumber daya alam yang dapat diperbarui yang berasal dari makhluk hidup baik hewan maupun tumbuhan. Walaupun dapat diperbarui sumber daya alam ini harus dipelihara dengan baik, karena jika tidak dijaga maka dapat menyebabkan kepunahan. Contohnya saja hewan seperti harimau yang terancam punah karena diburu semena-mena dan tidak dijaga kelestariannya.

Sedangkan pengertian sda non hayati adalah segala sumber daya alam yang berasal dari alam dan bukan merupakan benda hidup. Contoh sda non hayati adalah batubara, minyaki, gas bumi, pasir, emas, perak dsb.

Pengertian pupuk hayati adalah pupuk yang dibuat dari hasil bioteknologi pertanian yang menggunakan makhluk hidup sebagai unsur utamanya. Makhluk hidup tersebut adalah mikroorganisme yang dapat membantu menyuburkan tanah dan membantu pertumbuhan dan perkembangan tanaman. Pupuk hayati ini sama sekali tidak mengandur zat kalian, fosfat dan nitrogen.

Di Indonesia istilah hayati juga banyak digunakan sebagai nama orang. Biasanya sebagai nama anak perempuan, contohnya Miftahul Hayati, Nurhayati, dan lain-lain. Teman-teman yang suka membaca karya Buya Hamka juga pasti ingat dengan tokoh Hayati, salah satu karakter utama wanita dalam novel Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck. Ini memperlihatkan bahwa nama hayati sudah cukup populer di Indonesia sejak lama.


Itulah penjelasan singkat mengenai contoh keanekaragaman hayati dan non hayati serta contoh sda hayati dan non hayati. Semoga teman-teman bisa memahami pengertian hayati secara umum ya ! Baca juga pengertian global 🙂