PENGERTIAN HETEROGAMI


  •  Apa yang dimaksud dengan heterogami ?
  • Apa itu heterogami ? Apa arti heterogami ?
  • Apa pengertian heterogami dalam biologi ?
  • Apa perbedaan homogami dan heterogami ?

Pengertian Heterogami


Pengertian Heterogami Menurut Para Ahli :

Pengertian heterogami adalah perkembangbiakan / perkawinan yang terjadi di antara dua gamet yang berbeda, yang mana bentuk serta ukuran sel kelamin jantan dan betina berbeda. Pada umumnya ukuran sel kelamin betina lebih besar daripada sel kelamin jantan.

Heterogami juga ditemukan / digunakan dalam perkawinan manusia. Perkawinan dibedakan menurut asal isteri / suami :

  1. Endogami. Endogami adalah sebuah perkawinan antara etnis, klan, suku, kekerabatan yang terjadi di dalam lingkungan yang sama.
  2. Eksogami. Eksogami adalah perkawinan antara etnis, klan, suku, kekerabatan yang terjadi di dalam lingkungan yang berbeda.

Eksogami dapat dibedakan menjadi dua macam, yakni :

  • Eksogami connobium asymetris adalah perkawinan yang terjadi bila dua atau lebih lingkungan bertindak sebagai pemberi atau penerima gadis seperti pada perkawinan suku Batak dan Ambon.
  • Eksogami connobium symetris adalah perkawinan yang terjadi apabila pada dua atau lebih lingkungan saling tukar-menukar jodoh bagi para pemuda.
    Eksogami dapat dibedakan menjadi heterogami dan homogami.

Heterogami adalah sebuah perkawinan yang terjadi antara dua kelas sosial yang berbeda, seperti pernikahan yang terjadi di antara seorang anak bangsawan dengan seorang anak petani. Sedangkan pengertian homogami adalah perkawinan yang terjadi antara kelas golongan sosial yang sama, seperti pernikahan yang terjadi di antara seorang anak saudagar / pedagang yang kawin dengan anak saudagar atau pedagang lainnya.


Nah semoga teman-teman bisa memahami pengertian heterogami dan contohnya secara umum ya ! Baca juga pengertian kabinet presidensial dan kabinet parlementer 🙂