PENGERTIAN HUMAN DIGNITY


  • Pengertian human dignity itu apa sih ?
  • Apa yang dimaksud dengan human dignity ?
  • Apa itu human dignity ? Apa arti human dignity ?

Pengertian Human Dignity


Pengertian Human Dignity Menurut Para Ahli :

Definisi human dignity adalah pengakuan martabat manusia di mata orang lain ataupun tingkat harkat / harga diri dari manusia itu dimata dirinya sendiri. 

Pengertian human dignity adalah rasa harga diri seseorang ataupun harga diri kelompok, integritas fisik dan psikologis pada diri seseorang yang tidak dapat dibawa pergi. Setiap orang memiliki nilai, kehormatan dan harus bebas dari perbudakan, manipulasi dan eksploitasi.

Human dignity banyak digunakan di dalam ilmu filsafat, di mana hal ini memunculkan banyak pandangan-pandangan mengenai manusia di dalam kebudayaan dan laku hidup yang dijalani oleh manusia itu sendiri.

Pada dasarnya manusia selalu “memeluk” atau memegang suatu kebenaran di dalam hidupnya, hal ini terjadi secara alami dan dimiliki oleh setiap individu di dalam dirinya. Manusia akan selalu mencari dan berusaha menemukan kebenaran yang kemudian dijadikan sebagai pegangan, di mana manusia kemudian melaksanakan dan menjalankan kebenaran tersebut di dalam kehidupannya. Hal ini kemudian menjadi satu aspek penting bagi manusia untuk memiliki dan mempertahankan martabat hidupnya.

Ada beberapa teori kebenaran yang digunakan di dalam ilmu filsafat, antara lain:

  • Kebenaran Religius

Kebenaran religius merupakan sebuah teori yang tak bisa diukur hanya dengan mengunakan rasio dan kemauan individu semata. Pada dasarnya kebenaran bersifat objektif, universal dan berlaku bagi seluruh umat manusia, di mana kebenaran ini secara antalogis dan oxiologis bersumber dari Tuhan dan disampaikan melalui wahyu.

Teori ini kemudian dibuktikan dengan banyaknya pandangan-pandangan mengenai martabat manusia yang dilihat dari sudut pandang agama, di mana hampir semua agama “besar” memiliki pandangan tersendiri mengenai hal tersebut.

  • Teori Consistency

Teori ini merupakan suatu usaha pengujian terhadap arti dan nilai kebenaran, di mana hasil pengujian dan eksperimen dianggap nyata jika didapatkan kesan-kesan yang bersifat konsisten dalam waktu berturut-turut dan sesuai dengan hasil test eksperimen yang dilakukan penyelidik lain pada waktu yang sama di tempat yang berbeda.

  • Teori Corespondence

Teori Corespondence merupakan sebuah teori yang menerangkan bahwa, kebenaran atau sesuatu keadaan benar itu akan terbukti benar bila didapatkan sebuah kesesuaian antara arti yang dimaksudkan dengan objek yang dituju oleh pernyataan atau pendapat yang sedang dikemukakan di dalam teori tersebut. Dengan kata lain, teori ini menuntut adanya kesesuaian antara arti dan tujuan teori.


Nah semoga teman-teman bisa memahami pengertian human dignity ya ! Baca juga pengertian resipien universal dan donor universal 🙂