PENGERTIAN IDENTIK


  • Pengertian identik itu apa sih ?
  • Apa yang dimaksud dengan identik ?
  • Apa itu identik ? Apa arti kata identik ?
  • Apa pengertian kembar identik ?
  • Apa pengertian kalimat identik ?

Pengertian Identik


Pengertian Identik Menurut Para Ahli :

Menurut kamus besar bahasa Indonesia, pengertian identik adalah sama benar, tidak berbeda sedikitpun, sama dan sebangun. Dalam bentuk kata kerja adalah mengidentikkan yang artinya menyamakan benar-benar. Mengidentikkan berarti kita menyamakan dua hal seolah-olah keduanya benar-benar merupakan hal yang sama, apakah itu bentuk, sifat, karakteristik, dan lain-lain. Persamaan kata identik adalah analog, sama, ekuivalen, atau serupa, semuanya mengacu pada makna yang sama.

Contoh penggunaannya adalah istilah kembar identik. Kembar merupakan sebutan untuk dua atau lebih individu yang berbagi rahim yang sama dan biasanya lahir pada hari yang sama. Sementara itu pengertian kembar identik adalah kembar yang berjenis kelamin sama dan memiliki genetik yang sama sehingga wajahnya sangat mirip seperti pinang dibelah dua, asalkan pinangnya memang dibelah persis sama. Kembar identik dapat terjadi jika sebuah sel telur yang telah dibuahi berkembang menjadi satu zigot kemudian membelah menjadi beberapa embrio yang berbeda. Karena berasal dari satu sel telur sehingga kembar ini memiliki kemiripan yang sangat tinggi.

Definisi kata identik juga menunjukkan apa yang paling khas atau paling berkesan dan diingat orang mengenai sesuatu. Misalnya jika orang menyebut lebaran maka kita langsung teringat dengan ketupat dan bersilaturahmi karena hari lebaran tidak lengkap rasanya jika tidak ada sajian ketupat. Selain itu setiap lebaran kita selalu berkunjung ke rumah saudara dan teman untuk bersilaturahmi sehingga lebaran identik dengan ketupat dan bersilaturahmi. Begitupula jika disebut paskah maka yang teringat di kepala kita adalah telur dan kelinci karena setiap hari paskah selalu ada tradisi menghias telur berwarna-warni yang disebut telur paskah. Oleh karena itu paskah identik dengan telur dan kelinci.

Diidentikkan dengan sesuatu ada dampak positif dan negatifnya, tergantung diidentikkan dengan apa. Jika diidentikkan dengan hal-hal yang baik tentu saja berdampak positif. Contohnya saja jika kita bersekolah di pesantren. Anak-anak yang menimba ilmu di pesantren identik dengan anak yang baik, sholeh, dan santun sehingga kita yang bersekolah di pesantren akan mendapat citra diri yang positif. Sebaliknya jika diidentikkan dengan hal-hal buruk tentu saja sangat tidak enak dan merugikan. Misalnya jika kita bersekolah di sekolah teknik menengah atau stm yang anak-anaknya sering terlibat tawuran, walaupun kita tidak pernah ikut tawuran tapi sebagian besar orang terlanjur menganggap kita anak nakal dan suka berkelahi.

Di bidang bahasa, kita juga mengenal istilah kalimat identik. Pengertian kalimat identik adalah kalimat yang penulisannya sedikit berbeda tetapi memiliki pola susunan kata dan makna yang hampir serupa. Contoh kalimat identik adalah :  Hidupnya milikku; hidupku miliknya. Karyanya adalah karyaku, dan karyaku adalah karyanya.


Nah itulah penjelasan singkat mengenai pengertian arti identik. Semoga teman-teman bisa memahami pengertian identik secara umum ya ! Baca juga pengertian hidrologi menurut para ahli 🙂