PENGERTIAN IJAZAH


  • Pengertian ijazah sekolah itu apa sih ?
  • Apa yang dimaksud dengan ijazah palsu ?
  • Apa itu ijazah ? Apa arti kata ijazah ?
  • Apa pengertian ijazah paket c ?
  • Apa pengertian ijazah dalam tasawuf ?

Pengertian Ijazah


Pengertian Ijazah Menurut Para Ahli :

Siapa yang tidak tahu dan tidak mau memiliki ijazah? Hampir semua orang mengetahui apa itu ijazah dan memilikinya. Pengertian ijazah adalah surat tanda tamat belajar yang merupakan sebuah surat yang menyatakan bahwa seseorang telah menyelesaikan dan berhasil mempelajari suatu tingkatan ilmu atau pelajaran. Mulai dari ijazah paud, tk, sd, smp, sma, sampai universitas merupakan bukti tertulis bahwa seseorang telah menyelesaikan pendidikannya dan dianggap sudah memahami ilmu-ilmu yang telah diajarkan.

Di Indonesia, ijazah sekolah berarti surat tanda kelulusan yang berbentuk dokumen negara yang berisikan nilai kompetensi siswa dalam melalui proses belajar di sekolah mulai dari SD, SMP dan SMA. Sedangkan ijazah universitas atau sekolah tinggi yang didapatkan seorang mahasiswa tergantung dari fakultas dan program jurusan yang dipilihnya. Contohnya ijazah akuntasi akan didapatkan oleh mahasiswa jurusan ekonomi yang mengambil jurusan akuntasi.

Sedangkan pengertian ijazah paket C adalah ijazah yang setara dengan SMA (paket A itu SD sedangkan paket B itu SMP) yang bisa digunakan sebagai prasyarat masuk ke universitas ataupun untuk melamar pekerjaan. Ijazah paket C ini tidak didapatkan dari belajar di sekolah secara formal namun bisa didapatkan hanya dari belajar di hari Sabtu dan Minggu saja atau juga bisa hanya belajar mandiri di rumah saja.

Ijazah merupakan surat berharga dan penting karena untuk mendapatkannya dibutuhkan kerja keras dan pengorbanan baik tenaga, pikiran, biaya, dan waktu. Oleh karena itu banyak orang yang menyimpannya dengan baik dan hati-hati seperti dilaminating bahkan disimpan di dalam brankas. Selain itu ijazah juga sangat berguna ketika seseorang mencari pekerjaan. Kebanyakan perusahaan selalu mensyaratkan kita untuk melampirkan ijazah di dalam surat lamaran pekerjaan sebagai bukti bahwa kita benar-benar sesuai kualifikasi yang dibutuhkan perusahaan. Bahkan ijazah juga menjadi salah satu syarat untuk mencalonkan diri pada pemilihan umum, pemilihan legislatif, ataupun pemilihan kepala daerah.

Karena sangat pentingnya ijazah sehingga ada orang-orang yang mengambil jalan pintas dengan membeli ijazah palsu. Sudah sering kita dengar berita mengenai pejabat yang ketahuan menggunakan ijazah palsu ketika mencalonkan diri. Begitupula perusahaan akan memeriksa dengan hati-hati validitas ijazah calon karyawannya agar tidak tertipu ijazah palsu.

Pengertian ijazah palsu adalah ijazah yang berasal dari sebuah lembaga pendidikan resmi namun datanya dipalsukan, seperti mengganti gelar atau nama yang tak sesuai dengan data aslinya. Atau bisa juga ijazah yang diterbitkan oleh lembaga pendidikan yang tidak terakreditasi.

Ijazah juga dapat diartikan sebagai izin yang diberikan guru kepada muridnya untuk mengajarkan ilmu yang telah diperolehnya dari sang guru kepada orang lain. Contohnya dapat kita lihat di perguruan silat dimana jika seorang murid dianggap telah menguasai semua ilmu yang diajarkan sang guru maka si murid akan mendapat ijazah yang merupakan izin dari gurunya bahwa si murid sudah dapat mengajarkan ilmu yang dimilikinya. Sudah sering kita dengar murid suatu perguruan silat yang membuka perguruan silat sendiri.

Selain istilah ijazah, kita juga sering mendengar orang menggunakan kata ijasah untuk menyebut surat tanda tamat belajar. Lantas manakah ejaan yang benar? Jika merujuk pada kamus besar bahasa Indonesia maka kata ijazah merupakan ejaan yang benar. Kita tidak akan menemukan kata ijasah dalam kamus besar bahasa Indonesia.

Dalam agama Islam kita juga mengenal istilah ijazah dalam tasawuf. Pengertian ijazah dalam tasawuf adalah pengesahan atau keterangan yang sifatnya bisa tertulis ataupun lisan yang menyatakan bahwa masa pendidikan seorang murid sudah berakhir. Ijazah ini juga berguna sebagai pengukuhan atas persekutuannya sebagai anggota suatu thareqat. Perlu diketahui bahwa untuk mendapatkan suatu ijazah di dalam dunia tasawuf harus melewati proses pembelajaran yang dibimbing oleh mursyid atau guru. Bisa dikatakan bahwa seseorang yang memperoleh ijazah dalam tasawuf berarti orang tersebut sudah memperoleh suatu tingkatan tertentu dalam dunia sufi.


Nah itulah penjelasan singkat mengenai pengertian arti ijazah. Semoga teman-teman bisa memahami pengertian ijazah secara umum ya ! Baca juga pengertian identik 🙂