PENGERTIAN ILMIAH


  • Pengertian ilmiah dan non ilmiah itu apa sih ?
  • Apa yang dimaksud dengan penelitian ilmiah?
  • Apa itu ilmiah ? Apa arti kata ilmiah ?
  • Apa pengertian metode ilmiah ?
  • Apa pengertian ilmiah populer dan contohnya ?

Pengertian Ilmiah


Pengertian Ilmiah Menurut Para Ahli :

Pernahkah teman-teman mendengar istilah ilmiah ? Sebagian besar pasti pernah mendengarnya. Tapi apa sebenarnya arti ilmiah itu? Menurut kamus besar bahasa Indonesia, pengertian ilmiah adalah segala sesuatu yang bersifat keilmuan, didasarkan pada ilmu pengetahuan, atau memenuhi syarat atau kaidah ilmu pengetahuan. Segala sesuatu yang dibuat berdasarkan kaidah ilmu pengetahuan dapat disebut bersifat ilmiah seperti metode ilmiah, penelitian ilmiah, karya tulis ilmiah, dan sebagainya. Kata kerja dari kata ilmiah ini adalah mengilmiahkan yang berarti menjadikan sesuatu ilmiah atau bersifat keilmuan atau berdasarkan ilmu pengetahuan.

Teman-teman tentu pernah mendapat tugas membuat karya tulis ilmiah ketika masa sekolah. Secara berkelompok kita diharuskan membuat sebuah karya tulis ilmiah yang mengangkat suatu tema dan kemudian dipresentasikan di kelas. Pengertian karya ilmiah adalah tulisan yang berisi hasil pengamatan dan penelitian dalam suatu bidang tertentu yang mengungkap fakta yang dapat dibuktikan kebenarannya secara ilmiah yang disusun secara sistematis sesuai dengan metode ilmiah.

Sedangkan pengertian non ilmiah adalah sesuatu yang didasarkan atas opini dan teori yang sifatnya subjektif. Dengan demikian pengertian karya non ilmiah adalah karangan atau karya tulisan yang menyajikan beberapa fakta pribadi tentang pengetahuan serta pengalaman dalam kehidupan sehari-hari yang sifatnya subyektif, tidak didukung dengan berbagai fakta umum, dan pada umumnya menggunakan pola & gaya bahasa yang tidak populer (tidak terlalu formal).

Untuk menghasilkan karya tulis ilmiah maka perlu dilakukan penelitian ilmiah. Pengertian penelitian ilmiah adalah rangkaian kegiatan mengamati fenomena dan data berdasarkan metode ilmiah untuk mendapatkan kesimpulan dari fenomena dan data yang diamati. Sementara itu pengertian metode ilmiah adalah proses berpikir atau mengamati yang dilakukan secara sistematis dan terkontrol serta berdasarkan data empiris untuk menghasilkan pengetahuan atau teori baru yang telah teruji.

Karya tulis ilmiah erat kaitannya dengan penelitian ilmiah dan metode ilmiah. Suatu penelitian baru dapat dikatakan ilmiah jika dilakukan berdasarkan metode ilmiah. Begitupula suatu karya tulis baru dapat dikatakan ilmiah jika dihasilkan dari penelitian berdasarkan metode ilmiah.

Ada juga dikenal istilah ilmiah populer. Pengertian ilmiah populer adalah segala sesuatu yang bersifat keilmuan dan dijelaskan atau dipaparkan dengan gaya yang populer atau umum sehingga lebih mudah dipahami oleh masyarakat awam. Istilah ini biasanya digunakan untuk menyebut artikel atau karya tulis ilmiah yang dibuat dengan gaya penulisan yang populer atau umum. Tulisan dengan gaya ilmiah populer ini sangat baik dikembangkan karena dapat menarik minat masyarakat umum untuk mempelajari ilmu pengetahuan.

Contoh ilmiah populer antara lain : artikel, resensi buku, editorial, opini, tips, seminar, konferensi ilmiah, experimen ilmiah, observasi kejadian alam dsb.

Adapun beberapa pengertian lainnya yang berkaitan dengan ilmiah yaitu :

Pengertian jurnal ilmiah adalah majalah publikasi yang memuat karya tulis ilmiah yang berisikan data dan informasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang ditulis sesuai dengan kaedah-kaedah penulisan ilmiah dan diterbitkan secara berkala. (Hakim : 2012)

Pengertian berpikir ilmiah adalah berpikir dengan cara (1) Objektif (2) Metodis (3) Sistematis dan (4) Universal (Vardiansyah : 2005)

Pengertian sikap ilmiah adalah sikap yang diwujudkan dalam bentuk rasa ingin tahu, sabar, jujur,terbuka, tidak percaya tahyul, cermat, tekun, kritis, ulet, disiplin, memperhatikan keselamatan kerja, peduli terhadap lingkungan, dan bekerjasama dengan orang lain. (Ahmad Abu Hamid : 1995)


Nah itulah penjelasan singkat mengenai definisi ilmiah / pengertian ilmiah dan contohnya. Semoga teman-teman bisa memahami pengertian ilmiah secara umum ya ! Baca juga pengertian ijazah šŸ™‚