PENGERTIAN IMPLEMENTASI


  • Pengertian implementasi kebijakan itu apa sih ?
  • Apa yang dimaksud dengan implementasi sistem ?
  • Apa itu implementasi ? Apa arti kata implementasi ?
  • Apa pengertian implementasi keperawatan ?
  • Apa pengertian implementasi pancasila sebagai dasar negara ?

Pengertian Implementasi


Pengertian Implementasi Menurut Para Ahli :

Apa itu implementasi? Jika merujuk pada kamus besar bahasa Indonesia, pengertian implementasi adalah pelaksanaan atau penerapan. Bentuk kata kerjanya adalah mengimplementasikan yang artinya melaksanakan atau menerapkan.

Pendek kata, arti implementasi adalah bentuk aksi nyata dalam menjalankan rencana yang telah dirancang dengan matang sebelumnya. Contohnya : sebuah bangunan yang merupakan hasil implementasi dari desain yang sudah dibuat sebelumnya dengan perhitungan yang matang. Si desainer sudah memperhitungkan berbagai hal seperti kekuatan bangunan, jumlah material-material yang diperlukan, kemungkinan banjir dan gempa, dan masih banyak lagi. Persamaan kata implementasi yaitu aplikasi, pelaksanaan, pengamalan, pengejawantahan, penjabaran, praktik, dan rekayasa.

Implementasi hendaknya dilakukan sesuai dengan rancangan yang telah dibuat, jika tidak maka hasilnya tidak akan sesuai dengan yang diharapkan. Seperti dalam pengerjaan bangunan, jika tukang-tukang yang bekerja tidak mengikuti arahan dari desainer bangunan seperti tinggi bangunan yang akan dibuat atau ketebalan dinding luar bangunan, tentu saja bangunan tersebut tidak sesuai dengan harapan. Bisa saja karena kurangnya ketebalan dinding maka digoyang gempa kecil saja sudah membuat dinding bangunan retak. Jika sudah begini tentu pelanggan akan kecewa dan tidak akan memakai jasa kita lagi.

Implementasi juga merupakan hal yang sangat penting dalam keseluruhan rangkaian kegiatan. Rencana yang sudah dibuat dengan sangat baik tidak akan berarti apa-apa jika tidak dilaksanakan atau jika dilaksanakan dengan asal-asalan. Ada banyak sekali rencana hebat yang sudah dibuat akan tetapi tidak pernah terlaksana. Contohnya saja kita secara pribadi pasti sering sekali merencanakan sesuatu tapi tidak terlaksana. Penyebabnya bisa karena rasa malas, takut gagal, dan lain-lain. Kita mungkin pernah berencana akan membaca sepuluh buku setiap bulan, tapi karena rasa malas dan kesibukan lain membuat kita lupa sehingga rencana tinggal rencana.

Implementasi selain memerlukan aksi nyata juga membutuhkan konsistensi dalam pelaksanaannya. Dalam mengimplementasikan suatu rancangan tentu ada saja kendala dan hambatan yang dihadapi. Oleh karena itu sangat dibutuhkan konsistensi agar seluruh rancangan dapat dijalankan dengan benar dan kita bisa memperoleh hasil yang memuaskan. Contohnya dalam pembangunan rumah. Rancangan sudah ada dan rumah sudah mulai dibangun, akan tetapi ketika akan membuat lantai ternyata material kayu yang diinginkan sangat sulit didapatkan. Jika si tukang bangunan tidak konsisten untuk terus mendapatkan material yang diperlukan bisa saja pembangunan rumah menjadi terbengkalai.

Adapun beberapa pengertian implementasi menurut para ahli antara lain :

Definisi implementasi adalah sesuatu hal yang bermuara pada aksi, aktivitas, tindakan, serta adanya mekanisme dari suatu sistem. Implementasi tidak hanya sekedar aktivitas monoton belaka, tetapi merupakan suatu kegiatan yang terencana secara baik yang berguna untuk mencapai tujuan tertentu (Usman : 2002).

Pengertian implementasi kebijakan adalah suatu proses dalam melaksanakan suatu kebijakan tertentu kemudian mengembangkan kebijakan tersebut yang bertujuan untuk menyempurnakan suatu program (Harsono : 2002).

Pengertian implementasi kebijakan publik adalah suatu tahapan administrasi yang dilakukan setelah kebijakan / aturan hukum disetujui atau ditetapkan melalui proses politik (Tachjan : 2006).

Pengertian implementasi keperawatan adalah suatu tahapan kegiatan yang dilakukan perawat dalam membantu klien dari status kesehatan bermasalah menuju ke status kesehatan yang lebih baik lagi yang menggambarkan kriteria hasil yang diharapkan (Gordon : 1994).

Pengertian implementasi sistem adalah suatu proses untuk menempatkan dan menerapkan informasi baru kedalam operasi. (Whitten, Bentley & Barlow : 1993)

Pengertian implementasi strategi adalah proses mewujudkan dan menerapkan strategi yang telah dibuat ke dalam bentuk tindakan yang melalui berbagai serangkaian prosedur, program serta anggaran. (Wheelen dan Hunger)

Pengertian implementasi pancasila adalah mewujudkan nilai moral yang terkandung di dalam pancasila sebagai norma etik di dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Kemudian nilai moral ini dijabarkan secara rinci di dalam peraturan perundangan hukum serta dijadikan sebagai landasan dasar manusia dalam bertingkah dan berperilaku (Uzey : 2010).


Itulah penjelasan singkat mengenai pengertian implementasi dan contohnya. Semoga teman-teman bisa memahami pengertian implementasi secara umum ya ! Baca juga pengertian ilmiah dan non ilmiah 🙂