PENGERTIAN IMPORTIR DAN CONTOHNYA


  • Pengertian importir dan contohnya itu apa sih ?
  • Apa yang dimaksud dengan importir ?
  • Apa itu importir ? Apa arti importir ?
  • Apa saja contoh importir itu ?

Pengertian Importir dan Contohnya


Pengertian Importir Menurut Para Ahli :

Pengertian importir adalah seseorang ataupun sekumpulan orang yang mengimpor barang dari luar negeri untuk masuk ke dalam negeri dengan tujuan untuk memperoleh keuntungan bisnis.

Pengertian importir adalah badan usaha, lembaga ataupun orang perseorangan baik itu yang berbentuk badan hukum ataupun bukan badan hukum yang melakukan kegiatan impor. (definisi importir menurut UU Perdagangan pasal 1 angka 19 )

Contoh dari importir atau pelaku impor adalah sebagai berikut :

Approved-Traders (Aproved Importer)

Aproved importer adalah para pengusaha impor biasa yang mempunyai kedudukan istimewa oleh Departemen Perdagangan untuk melakukan kegiatan impor beberapa komoditi tertentu dengan tujuan tertentu pula (biasanya hanya komiditi tertentu yang dianggap penting oleh Departemen Perdagangan).

Import-Merchant (Pengusaha Impor)

Import merchant adalah badan usaha yang telah mengantongi izin dari pemerintah berupa TAPPI ( Tanda Pengenal Pengakuan Impor ). Import merchant ini hanya mampu untuk mengimpor barang-barang yang mempunyai sifat khusus / tertentu saja yang sudah tertulis dalam izinnya. Pendek kata, Import merchant ini tidak bisa mengimpor barang yang tidak tertulis di dalam izinnya.

Importir Umum

Importir umum adalah perusahaan impor yang bisa mengimpor beraneka jenis barang dagang. Pada umumnya Wisma dagang atau Trading House lah yang banyak mengantongi status sebagai importir umum. Importir umum ini mampu mengimpor bermacam-macam barang mulai dari barang kelontong sampau dengan barang instalasi pabrik secara massal.

Sole Agent Importer

Sole Agent Importer adalah perusahaan luar negeri yang memasarkan barang di Indonesia dan pada umumnya menunjuk suatu agen tunggal atau membuat suatu kantor perwakilan untuk mengimpor hasil produksi perusahaan mereka di luar negeri untuk masuk ke Indonesia.

Importir Terbatas

Importir terbatas adalah perusahaan PMA (Penanaman Modal Asing) & PMDN (Penanaman Modal Dalam Negeri) yang sudah mempunyai izin untuk mengimport bahan baku dan mesin-mesin untuk keperluan sendiri dan tidak untuk dijual kembali.


Nah semoga teman-teman bisa memahami pengertian importir dan contohnya secara umum ya ! Baca juga pengertian eksportir dan contohnya đŸ™‚