PENGERTIAN INFORMASI MENURUT PARA AHLI DAN TAHUNNYA


  • Pengertian informasi menurut para ahli itu apa sih ?
  • Apa arti kata informasi ? Apa itu informasi ?
  • Apa yang dimaksud dengan informasi ?

Pengertian Informasi


Pengertian Informasi Menurut Para Ahli :

Adapun definisi informasi menurut para ahli dan tahunnya antara lain :

Pengertian informasi adalah suatu hasil dari pengolahan data dalam suatu bentuk lebih berarti dan lebih berguna bagi penerimanya yang menggambarkan suatu kejadian-kejadian yang nyata (tidak fiktif) yang dapat digunakan sebagai acuan dalam pengambilan keputusan. (Jogiyanto HM : 1999)

Definisi informasi adalah data yang sudah diolah sehingga data tersebut bisa dijadikan sandaran dalam mengambil keputusan yang tepat. (George H. Bodnar : 2000)

Arti informasi adalah data yang sudah diproses sedemikian rupa yang dapat meningkatkan pengetahuan seseorang yang menggunakannya. (McFadden : 1999)

Informasi adalah data yang sudah diproses yang bertujuan untuk menghasilkan sebuah keputusan. (Meliono : 1990)

Pengertian informasi adalah data yang sudah diproses dan diorganisasikan untuk memberikan arti bagi penggunanya. (Romney dan Steinbart : 2009)

Definisi informasi adalah data yang disajikan dalam bentuk formulir yang berguna dalam kegiatan pembuatan keputusan. (Gelinas & Dull tahun 2012: 18)

Beberapa definisi informasi menurut para ahli dalam bukunya antara lain :

Pengertian informasi adalah data yang sudah diolah menjadi bentuk yang nyata dan berguna bagi penerimanya yang dapat berupa nilai yang mudah dipahami dalam mengambil keputusan dimasa sekarang maupun di masa yang akan datang. (Gordon B. Davis : Management Informations System)

Definisi informasi adalah sesuatu hal yang menunjukkan hasil suatu proses pengolahan data yang terorganisir dan data tersebut mempunyai kebergunaan bagi orang yang menerimanya. (Barry E. Cushing : Accounting Information System and Business Organization)

Arti informasi adalah suatu bentuk yang nyata atau suatu bentuk yang mempunyai nilai manfaat yang dapat dipergunakan dalam mengambil keputusan bisnis. (Stephen A. Moscove & Mark G. Simkin : Accounting Information Systems) 

Informasi adalah suatu hal yang bersifat nyata yang berupa data / item yang dapat menambah pengetahuan serta wawasan bagi penggunanya. (Robert N. Anthony & John Dearden : Management Control Systems)


Nah itulah beberapa pengertian informasi menurut para ahli dan tahunnya. Semoga kalian bisa memahami pengertian informasi secara umum ya ! Baca juga pengertian informasi dan contohnya 🙂