PENGERTIAN INISIATIF


  • Pengertian inisiatif kerja itu apa sih ?
  • Apa yang dimaksud dengan inisiatif ?
  • Apa itu inisiatif ? Apa kata inisiatif ?
  • Apa pengertian inisiatif dalam kewirausahaan ?
  • Jelaskan pengertian inisiatif atau proaktif !

Pengertian Inisiatif


Pengertian Inisiatif Menurut Para Ahli :

Inisiatif merupakan hal positif pada karakter seseorang. Contohnya dua orang karyawan yang memiliki keahlian yang sama, yang satu cenderung pasif dan menunggu perintah atasan sementara yang lain sangat bersemangat dan memiliki inisiatif dalam bekerja. Selalu mencoba membuat terobosan baru agar hasil pekerjaan lebih baik. Kira-kira karyawan mana yang akan mendapat promosi jabatan? Hampir semua orang sepakat akan memberikan promosi pada karyawan yang bersemangat dan berinisitif. Tidak hanya karyawan, semua orang dalam bidang apapun baik wiraswasta, ibu rumah tangga, dan pelajar sangat baik memiliki inisiatif dalam dirinya. Apa sebenarnya inisiatif itu ?

Pengertian inisiatif menurut kamus besar bahasa indonesia adalah suatu daya cipta atau kemampuan untuk menciptakan sesuatu.

Pengertian inisiatif adalah kemampuan seseorang untuk menghasilkan sesuatu yang baru atau asli atau menghasilkan suatu pemecahan masalah. (Mardiyanto : 2008)

Definisi inisiatif adalah suatu kemampuan dalam menemukan peluang, menemukan ide, mengembangkan ide serta cara-cara baru dalam memecahkan suatu problema (thinking new things). (Suryana : 2006)

Arti inisiatif adalah kemampuan untuk menemukan beberapa kemungkinan jawaban dari suatu masalah berdasarkan atas informasi dan data yang tersedia, dimana penekananya terletak pada ketepatgunaan, kuantitas, dan keragaman jawaban. (Utami Munandar : 1990)

Pendek kata, pengertian inisiatif adalah kemampuan untuk mengenali masalah maupun peluang dan dapat mengambil tindakan untuk menyelesaikan masalah atau menangkap peluang tersebut. Orang yang memiliki inisiatif dengan segera dapat melihat masalah yang muncul dan mencari solusi atas permasalahan tersebut. Solusinya langsung dilakukan sehingga masalahnya dapat diselesaikan.

Contohnya karyawan bagian administrasi yang merasakan kesulitan mencari data karyawan yang terdapat di lemari arsip. Untuk itu ia berinisiatif membuat data karyawan versi digital sehingga untuk mengakses data karyawan cukup menggunakan komputer. Begitupula dalam menangkap peluang, orang ini dengan cepat dapat mengenali peluang dan memanfaatkannya sebaik mungkin. Contohnya orang yang tinggal di daerah penghasil kelapa dan melihat banyak sisa tempurung kelapa yang tidak terpakai. Di sini ia melihat peluang dan berinisiatif untuk membuat usaha kerajinan dari tempurung kelapa seperti centong air.

Pengertian inisiatif dalam kewirausahaan adalah kemauan seorang wirausahaawan bergerak secara aktif untuk mencari peluang dan memajukan usahanya serta mendahului para pesaingnya. Contoh inisiatif dalam kewirausahaan : mencari tahu trend produk terbaru apa saja yang sedang hit sekarang ini, mencari teknologi baru apa saja yang dapat mendongkrak penjualannya, mencari peluang untuk membesarkan dan mempertahankan bisnisnya dsb. Pendek kata, inisiatif kewirausahaan berarti kita tidak hanya duduk diam saja menunggu para pelanggan datang untuk membeli produk kita, akan tetapi kitalah yang harus proaktif menjemput pelanggan ke tempat kita.

Pengertian inisiatif kerja adalah daya untuk melakukan suatu pekerjaan tanpa menunggu intervensi atau suruhan orang lain. Karyawan yang mempunyai inisiatif adalah karyawan yang proaktif dan tidak pasif yang diam menunggu perintah atasan. Pegawai yang berinisiatif tidak akan menunggu perintah dahulu untuk berbuat, mereka berbuat melebihi dari yang diperintahkan. Selalu mencari terobosan-terobosan baru untuk meningkatkan hasil pekerjaan. Orang-orang seperti ini sangat disukai dalam bidang apapun yang digeluti karena hasil pekerjaan mereka melebihi dari yang diharapkan.

Lantas apa penyebab orang-orang tidak mau mengambil inisiatif ? Ada beberapa penyebabnya seperti tidak ada kesempatan yang diberikan perusahaan, takut gagal, malas, dan tidak berani mengambil tanggung jawab. Ada perusahaan-perusahaan yang tidak memberikan ruang bagi karyawannya untuk mengambil inisiatif. Karyawan diharuskan bekerja sesuai dengan yang diperintahkan. Perusahaan seperti ini akan sulit berkembang bahkan bisa bangkrut.

Takut gagal juga bisa menjadi penyebab orang tidak mau berinisiatif. Mereka selalu berpikir bagaimana jika gagal atau melakukan kesalahan. Rasa malas juga menjadi penyebab orang tidak mau mengambil inisiatif, seperti karyawan yang berpikir bahwa gajinya sudah ada setiap bulan jadi ia cukup mengerjakan apa yang diperintahkan tanpa perlu repot-repot meningkatkan hasil pekerjaan. Ada juga orang yang tidak mau mengambil inisiatif karena tidak berani bertanggung jawab. Jika hasil pekerjaannya gagal ia takut dimarahi atasan, ia tidak mau disalahkan karena hasil pekerjaan yang gagal.


Itulah penjelasan singkat mengenai pengertian inisiatif dan contohnya. Semoga artikel definisi inisiatif ini bisa bermanfaat bagi teman-teman semua ya. Baca juga pengertian infrastruktur dan contohnya 🙂