PENGERTIAN INOKULUM


  • Pengertian inokulum dan inokulasi itu apa sih ?
  • Apa yang dimaksud dengan inokulum ?
  • Apa itu inokulum / arti kata inokulum ?
  • Apa pengertian inokulum dalam kultur jaringan ?

Pengertian Inokulum


Pengertian Inokulum dan Inokulasi Menurut Para Ahli :

Pengertian inokulum adalah adalah mikroorganisme atau patogen yang diinokulasikan ke dalam sebuah medium / inang, di mana mikroorganisme tersebut masih dalam keadaan hidup atau masih berada pada fase pertumbuhan yang sehat.


Inokulum artinya mikroorganisme yang akan dipakai dalam tahap kultur jaringan. Dengan demikian, Pengertian inokulum bakteri berarti bakteri yang akan di inokulasikan pada suatu kultur jaringan.

Sedangkan yang disebut dengan inokulasi adalah proses atau tahap kegiatan pemindahan mikroorganisme / patogen dari sumber asalnya (inang) ke sebuah medium yang baru dan telah disediakan sebelumnya dengan sangat teliti dan hati-hati. Hal ini dimaksudkan untuk bisa mendapatkan biakan mikroorganisme murni yang dapat digunakan untuk berbagai kepentingan, seperti: industri, pertanian dan bidang kesehatan. Sebuah inokulasi dapat berjalan dengan baik dan sesuai dengan harapan bila tingkat sterilisasi ruangan, peralatan, tenaga pelaksana dan teknik yang digunakan benar-benar memenuhi standar serta kriteria yang semestinya.

Inokulum pada tempe

Inokulum telah banyak dikenal dan digunakan di dalam berbagai bidang, salah satu yang paling akrab dengan kehidupan kita adalah inokulum pada tempe. Biasanya inokulum pada tempe disebut dengan starter tempe atau lebih dikenal secara luas dengan nama ragi tempe. Ragi tempe adalah bahan yang mengandung biakan tempe yang kemudian akan digunakan menjadi sebuah agensia yang mengubah kedelai rebus menjadi tempe. Dalam hal ini ragi tempe akan mengakibatkan terjadinya sebuah fermentasi pada kedelai yang diakibatkan oleh pertumbuhan jamur, sehingga menyebabkan kedelai berubah karakteristiknya menjadi tempe.

Ragi tempe merupakan kumpulan spora kapang tempe yang digunakan sebagai bahan pembibitan dalam pembuatan tempe, di mana spora-spora kapang tersebut dalam pertumbuhannya akan menghasilkan enzim yang mampu mengurai substrat yang lebih kecil dan menghasilkan rasa dan aroma yang khas.

Di dalam sebuah proses inakulasi, penambahan atau pengurangan jumlah inokulum dalam kondisi fermentasi (media dan suhu) yang sama, berpotensi untuk mempersingkat atau memperpanjang masa fermentasi itu sendiri. Pada dasarnya di dalam sebuah proses fermentasi, kapang akan membutuhkan jumlah oksigen yang cukup untuk memacu pertumbuhannya, di mana kadar oksigen yang terlalu sedikit akan membuat pertumbuhan kapang pada substrat menjadi lambat dan tidak maksimal.


Itulah penjelasan singkat tentang pengertian inokulum dalam mikrobiologi . Semoga artikel pengertian inokulum dan inokulasi ini bisa bermanfaat. Baca juga pengertian askripsi dan contohnya 🙂