PENGERTIAN INTENSIF DAN EKSTENSIF


  •  Apa yang dimaksud dengan sifat intensif dan ekstensif ?
  • Apa itu intensif dan ekstensif ?
  • Apa arti kata intensif dan ekstensif ?
  • Apa perbedaan intensif dan insentif ?
  • Apa contoh intensif dan ekstensif ?

Pengertian Intensif dan Ekstensif


Pengertian Intensif dan Ekstensif Menurut Para Ahli :

Intensif dan ekstensif adalah dua sifat yang berhubungan dengan keadaan termodinamika dari suatu sistem. Sistem merupakan bagian dari alam yang menjadi pusat perhatian utama dalam terjadinya sebuah eksperimen. Sistem dapat ditandai dengan adanya volume dalam besaran tertentu, serta mol gas yang terdapat di dalamnya.

Dalam kehidupan sehari-hari, pengertian intensif adalah kata sifat yang mengacu pada kegiatan yang fokus dan bersungguh-sungguh. Contoh : Heru bertekad untuk belajar intensif selama satu bulan demi lulus Ujian Nasional yang sebentar lagi akan dimulai. Sedangkan pengertian ekstensif dalam kehidupan sehari-hari bermakna mempunyai jangkauan yang luas. Contoh : Heru membaca ekstensif untuk lebih memahami apa poin yang terpenting dalam suatu bacaan tersebut.

Pengertian sifat intensif adalah sifat dari sebuah materi yang sama sekali tidak bergantung pada jumlah serta ukuran dari materi itu sendiri dan tidak dapat diakumulasikan.

Contoh dari sifat intensif adalah sebagai berikut :

  • Bau. Bau hanya berhubungan dengan gas atau uap yang keluar dari dalam materi.
  • Rasa. Rasa ditentukan oleh komposisi yang terkandung di dalam sebuah materi.

Pengertian sifat ekstensif adalah sifat dari sebuah materi yang ditentukan oleh jumlah serta ukuran materi tersebut.

Contoh dari sifat ekstensif adalah sebagai berikut :

  • Volume. Pada dasarnya semakin besar ukuran suatu materi, maka akan semakin besar pula jumlah volume dari materi tersebut.
  • Massa / berat. Semakin banyak jumlah dari suatu materi, maka akan semakin besar pula jumlah massa dari materi itu sendiri.

Perbedaan sifat intensif dan ekstensif dapat kita lihat pada sebuah sistem di mana terdapat sejumlah massa dalam beberapa bagian dengan temperatur yang sama. Total massa dan volume yang dimiliki benda tersebut merupakan akumulasi dari tiap komponen dan disebut sifat ekstensif, sedangkan suhu / temperaturnya merupakan sifat intensif.


Nah semoga teman-teman bisa memahami pengertian intensif dan ekstensif secara umum ya ! Baca juga pengertian insentif 🙂