PENGERTIAN INTERNAL DAN EKSTERNAL


  • Pengertian internal dan eksternal itu apa sih ?
  • Apa yang dimaksud dengan internal dan eksternal ?
  • Apa itu internal dan eksternal ?
  • Apa arti internal dan eksternal ?
  • Apa pengertian internal dan eksternal storage ?

Pengertian Internal dan Eksternal


Pengertian Internal dan Eksternal Menurut Para Ahli :

Internal dan eksternal berasal dari bahasa Inggris intern dan ekstern.  Pengertian internal adalah menyangkut bagian dalam ( dari tubuh, diri, mobil, dsb). Sementara pengertian eksternal adalah yang menyangkut bagian luar dari sesuatu, atau kebalikan dari internal.

Internal dan eksternal adalah sesuatu yang umum dan  lazim digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Sebagai contoh mudah, kita menemukan bahwa sebuah telepon seluler selain memiliki memori internal juga memiliki memori eksternal. Memori internal adalah memori yang berada di dalam dan memang sudah tertanam dalam perangkat telepon seluler tersebut. Sementara memori eksternal adalah memori tambahan yang bisa dipasang dan dilepaskan dari perangkat.

Apa pula yang menyebutnya dengan internal dan eksternal storage. Pengertian internal dan eksternal storage berarti yang internalnya dalah media penyimpanan yang sudah ada di dalam perangkat sementara media penyimpanannya eksternalnya bisa berupa Micro SD dsb. Storage disini berguna sebagai media penyimpanan file seperti foto, video, mp3 dsb.

Dalam ilmu bahasa ada yang namanya konjungsi internal dan eksternal. Konjungsi adalah kata sambung atau hubung yang menghubungkan dua kalimat. Perbedaan konjungsi internal dan eksternal yaitu : jika konjungsi internal adalah konjungsi yang menghubungkan argument atau ide yang terdapat di antara dua kalimat, maka konjungsi eksternal berfungsi menghubungkan dua peristiwa, deskripsi benda, atau kualitas di dalam kalimat. Contoh konjungsi internal ; dan, atau, karena, sehingga. Contoh konjungsi eksternal ; tetapi, dengan demikian, oleh karena itu, sehingga, namun.

Ada lagi penggunaan istilah faktor internal dan faktor eksternal. Pengertian faktor internal dan eksternal adalah : Faktor internal adalah faktor yang berasal dari dalam diri seseorang dalam mencipta dan menemukan  sesuatu yang kemudian bermanfaat untuk orang banyak misalnya. Begitu juga dengan faktor eksternal, yang berasal dari luar diri seseorang.

Pengertian internal dan eksternal customer adalah sebagai berikut :

  • Internal Customer adalah pelanggan yang berada di dalam perusahaan seperti divisi ataupun departemen lain di dalam perusahaan yang membututhkan barang atau jasa. Contohnya departemen produksi akan menjadi customer dari departemen maintenance.
  • External Customer adalah pelanggan yang membeli produk dan jasa di luar perusahaan. Contohnya masyarakat umum, distributor yang membeli barang langsung dari pihak produsen dsb.

Kesimpulannya, internal dan eksternal adalah sesuatu yang umum dan memiliki arti yang luas. Tergantung di bidang mana ia digunakan. Penggunaannya dalam kalimat atau bidang tertentu yang kemudian menjadikannya bersifat khusus.


Demikianlah artikel pengertian internal dan eksternal. Semoga kamu bisa memahami apa perbedaan internal dan eksternal ini ya ! Baca juga pengertian bermuram durja 🙂