PENGERTIAN INTERPRETASI


  • Pengertian interpretasi itu apa sih ?
  • Apa yang dimaksud dengan interpretasi peta ?
  • Apa itu interpretasi ? Apa arti interpretasi ?
  • Apa pengertian interpretasi dalam sejarah ?
  • Apa definisi interpretasi citra ?

Pengertian Interpretasi


Pengertian Interpretasi Menurut Para Ahli :

Interpretasi adalah seni yang menggambarkan komunikasi secara tidak langsung, namun komunikasi tersebut dapat dengan mudah untuk dipahami. Interpretasi erat kaitannya dengan jangkauan yang harus dicapai oleh subjek dan sekaligus pada saat yang bersamaan diungkapkan kembali sebagai suatu struktur identitas yang terdapat di dalam kehidupan, sejarah, dan objektivitas (Kaelan : 1998)

Istilah interpretasi mungkin tidak terlalu sering kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari. Kata ini lebih sering kita baca di artikel atau berita di koran seperti interpretasi data, interpretasi karya seni, interpretasi sejarah, dan lain sebagainya. Apa sebenarnya arti interpretasi ? Kata yang paling dekat untuk menjelaskan istilah interpretasi adalah tafsiran.

Pengertian interpretasi adalah tafsiran, penjelasan, makna, arti, kesan, pendapat, atau pandangan teoritis terhadap suatu objek yang dihasilkan dari pemikiran mendalam dan sangat dipengaruhi oleh latar belakang orang yang melakukan interpretasi.

Setiap objek apakah itu buku, puisi, patung, lukisan, data, dan masih banyak lagi dapat menjadi objek interpretasi. Interpretasi biasanya dilakukan untuk mendapatkan pengertian atau pengetahuan yang lebih jelas dan mendalam tentang sesuatu. Misalnya sebuah lukisan abstrak yang kurang bisa dipahami maksudnya bagi sebagian besar orang. Lukisan ini dapat menjadi objek interpretasi sehingga orang awam dapat mengetahui makna yang terkandung pada lukisan tersebut.

Interpretasi juga dapat dilakukan terhadap data seperti data statistik. Misalnya data jumlah penduduk berdasarkan jenis kelamin dan rata-rata penghasilan warga desa. Data-data ini dapat diinterpretasikan untuk mendapatkan informasi seperti pengaruh besarnya jumlah warga yang berjenis kelamin perempuan dibanding laki-laki dengan tingkat penghasilan masyarakat.

Seperti yang sudah disebutkan di atas, interpretasi sangat bergantung dari sudut pandang dan latar belakang orang yang menginterpretasikan. Sehingga interpretasi terhadap objek yang sama bisa berbeda hasilnya jika dilakukan oleh orang yang berbeda. Hal ini boleh saja dan sangat positif karena kita bisa melihat dan memahami suatu objek dari beberapa sudut pandang.

Salah satu faktor yang sangat penting adalah latar belakang orang yang membuat interpretasi. Orang yang menginterpretasikan sesuatu hendaknya memiliki landasan ilmu dan pengalaman yang mumpuni sehingga hasil interpretasinya dapat dipertanggungjawabkan.

Seperti untuk menafsirkan ayat Al-Qur’an, syaratnya cukup ketat dimana orang yang menafsirkan Al-Qur’an harus memahami benar ilmu tata bahasa arab, ilmu tafsir, perilaku dan karakteristiknya juga harus terpuji seperti jujur, sehat akidahnya, dan lain-lain. Dapat dikatakan kualitas interpretasi sangat dipengaruhi oleh kompetensi dan kapabilitas orang yang membuat interpretasi.

Pengertian interpretasi dalam sejarah adalah suatu bentuk penafsiran sejarawan atas fakta sejarah menjadi satu kesatuan alur cerita harmonis dan masuk akal. Penafsiran sejarah sifatnya subyektif yang berarti bahwa sangat bergantung kepada sipenafsir sejarah itu. Perbedaan interpretasi pada sejarawan pada umumnya terjadi karena adanya perbedaan latar belakang, pola pikir, pengaruh dan motivasi. Menurut Gilbert J. Garraghan interpretasi terbagi ke dalam 5 jenis yaitu interpetasi verbal, interpretasi psikologis, interpretasi logis, interpretasi teknis, dan interpretasi faktual.

Pengertian interpretasi dalam hukum adalah menentukan makna atau arti dari suatu teks / bunyi pasal serta hal-hal yang terkait dengannya. (Soedjono Dirdjosisworo)

Pengertian interpretasi data dalam penelitian kualitatif adalah suatu deskripsi dan ungkapan yang mencoba untuk menggali pengetahuan tentang sebuah data atau peristiwa melalui pemikiran yang lebih mendalam (Mudji : 2005) 

Pengertian interpretasi dalam musik adalah sebuah proses menemukan hal-hal apa saja yang diinginkan olej komposer sekaligus sebagai bentuk mengekspresikan & mengkomunikasikan perasaan, menggambarkan sejarah, sosial, serta kondisi psikologi sebuah karya musik. (Hermeren : 2001) Kerangka interpretasi tersebut dapat berupa sejarah musik, harmoni, ritme, melodi, struktur, tempo, dinamik, bentuk, dan warna suara.

Pengertian interpretasi peta adalah aktivitas membaca peta dengan memberikan suatu penafsiran atau memaknai isi peta dengan menggunakan simbol-simbol yang ada. Simbol-simbol yang terdapat pada peta contohnya objek geografi seperti gunung, danau, sungai, jalan, laut, jalan kereta api dsb.

Pengertian interpretasi citra adalah kegiatan mengkaji citra atau foto udara dengan maksud untuk mengenali objek dan gejala sekaligus menilai seberpa penting arti objek dan gejala tersebut dengan melalui tahapan deteksi, identifikasi dan analisis.

Pengertian interpretasi cerpen adalah penafsiran makna apa saja yang terkandung di dalam suatu cerpen. Yang termasuk dalam hal ini adalah penafsiran tentang pesan pengarang, makna kalimat konotasi, kaitan cerita dengan fakta kehidupan yang ada dan menemukan nilai-nilai kehidupan yang disampaikan oleh penulisnya.


Nah itulah penjelasan singkat tentang pengertian interpretasi dan contohnya. Semoga teman-teman bisa memahami pengertian interpretasi secara umum ya ! Baca juga pengertian instruksi 🙂