PENGERTIAN KAPITALISME DAN LIBERALISME


  • Pengertian kapitalisme dan liberalisme itu apa sih ?
  • Apa yang dimaksud dengan kapitalisme ?
  • Apa itu liberalisme dan kapitalisme ?
  • Apa perbedaan kapitalisme dan liberalisme ?

Pengertian Kapitalisme dan Liberalisme


Pengertian Kapitalisme dan Liberalisme Menurut Para Ahli :

Kapitalisme asalnya dari kata kapital, yang berarti modal. Kapitalisme adalah suatu sistem ekonomi dimana sektor industri perdagangan, dan alat-alat produksi dikontrol oleh pihak privat atau sektor swasta dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya.

Pengertian kapitalisme menurut Karl Marx adalah sebuah sistem dimana harga barang dan kebijakan pasar ditentukan oleh para pemilik modal untuk meraup keuntungan yang sebesar-besarnya. Dalam sistem kapitalisme ini, pemerintah tidak dapat melakukan intervensi pasar demi keuntungan bersama, melainkan hanya untuk kepentingan-kepentingan pribadi.

Pengertian kapitalisme menurut Adam Smith adalah suatu sistem yang bisa menciptakan kesejahteraan masyarakat apabila pemerintah tidak memiliki intervensi terhadap mekanisme dan kebijakan pasar. Di dalam kapitalisme pemerintah berperan hanya sebagai pengawas saja.

Adapun yang menjadi pokok-pokok kapitalisme:

  • Sebagian besar sarana produksi dan distribusi adalah milik individu.
  • Modal diinvestasikan kembali ke dalam berbagai usaha untuk menghasilkan laba.
  • Barang dan jasa yang diperdagangkan di pasar bebas sifatnya terbuka untuk siapapun.

Kapitalisme mulai terjadi di dataran Erop mulai abad ke 16 sampai dengan abad ke19, yaitu pada masa perkembangan perbankan komersial Eropa. Pada masa itu individu maupun kelompok dapat bertindak sebagai badan tertentu yang dapat memiliki dan melakukan perdagangan benda milik pribadi, terutama barang modal (tanah dan manusia) untuk proses perubahan dari barang modal ke barang jadi. Agar mendapatkan modal, para kapitalis harus mendapatkan bahan baku dan mesin terlebih dahulu, baru kemudian buruh sebagai operator mesin agar bahan baku memiliki nilai lebih.

Pengertian kapitalisme global adalah kapitalisme tingkat tinggi dimana suatu negara menjadi monster serakah untuk mengalahkan berbagai musuhnya, menindas dan mendominasi kekayaan dunia. Kegiatan ekonomi yang mereka lakukan hanya untuk memperkaya segelintir orang bukan untuk kesejahteraan rakyat banyak.

Kapitalisme global ini dalam prakteknya membentuk suatu aliansi dan organisasi yang sistematis dengan agenda tersembunyi (seperti IMF & WTO) dimana para petingginya di dominasi oleh kapitalis sejati. Pendek kata, mereka bisa menciptakan pertikaian masyarakat, peperangan, kemiskinan bahkan perang dunia ketiga dengan mudahnya.

Liberalisme asalnya dari kata liber, yang berarti bebas. Pengertian liberalisme adalah sebuah ideologi yang menyatakan bahwa kebebasan dan persamaan hak merupakan nilai politik yang harus dijunjung tinggi.

Liberalisme dilatarbelakangi oleh John Locke. Pengertian liberalisme menurut john locke adalah hak asasi manusia mencakup hak hidup, kemerdekaan, dan hak milik ( Life, Liberty and Property ) termasuk di dalamnya hak politik.

Adapun pokok-pokok Liberalisme:

  • Setiap manusia punya kesempatan yang sama dalam berbagai bidang kehidupan. Namun dalam penerapannya, kesempatan ini juga tergantung kepada kemampuan masing-masing individu.
  • Pemerintah tidak boleh bertindak atas kehendaknya sendiri, melainkan harus menurut atas kehendak rakyat.
  • Setiap masalah yang dihadapi harus diselesaikan secara diskusi dan dilaksanakan dengan persetujuan yang bertujuan untuk menghilangkan egoisme individu.
  • Negara hanyalah sebagai alat untuk mencapai tujuan-tujuan yang lebih besar dibandingkan negara itu sendiri.
  • Individu adalah pusat kepentingan.
  • Berjalannya hukum sebagai fungsi negara untuk membela dan mengabdi pada rakyat.
  • Liberalisme tidak menerima ajaran dogmatisme  sebab menurut filsafat John Locke  semua pengetahuan didasarkan pada pengalaman. Kebenaran itu adalah berubah.

Kapitalisme dan liberalisme memiliki keterkaitan dan perkembangan yang sejalan. Perbedaannya, kapitalisme hanya sebatas dalam bidang ekonomi saja, sedangkan liberalisme tak hanya terbatas pada ekonomi saja melainkan juga agama, kemanusiaan dan filsafat.


Itulah penjelasan singkat mengenai pengertian kapitalisme dan liberalisme. Nah semoga teman-teman bisa memahami perbedaan kapitalisme dan liberalisme secara umum ya ! Baca juga pengertian bikameral dan unikameral 🙂