PENGERTIAN KEARIFAN LOKAL SECARA UMUM


 Apa yang dimaksud dengan kearifan lokal ? Apa itu kearifan lokal ? Apa definisi kearifan lokal ?


Pengertian Kearifan Lokal Secara Umum


Pengertian Kearifan Lokal Menurut Para Ahli menyatakan bahwa :

Definisi kearifan lokal adalah segala bentuk kebijaksanaan yang didasari oleh nilai-nilai kebaikan yang dipercaya, diterapkan dan senantiasa dijaga keberlangsungannya dalam kurun waktu yang cukup lama (secara turun-temurun) oleh sekelompok orang dalam lingkungan atau wilayah tertentu yang menjadi tempat tinggal mereka. Hal tersebut dapat terwujud dalam beberapa bentuk seperti :

  • Pola pikir masyarakat yang berbudi pekerti baik.
  • Perasaan mendalam terhadap tanah kelahiran.
  • Bentuk perangai / tabiat masyarakat kebanyakan pada daerah tertentu yang akan tetap melekat dan dibawa saat berbaur dengan kelompok masyarakat / lingkungan yang berbeda.
  • Filosofi hidup masyarakat tertentu yang mendarah daging dan tetap lekat meski telah lama hidup di perantauan.
  • Keinginan besar untuk tetap menjalankan adat / tradisi yang telah lama diikuti secara turun temurun.

Kearifan lokal tumbuh dan menjadi bagian dari kebudayaan masyarakat itu sendiri, di mana beberapa hal akan berperan penting dalam perkembangannya, di antaranya: Bahasa, agama, kesenian, taraf pendidikan masyarakat, perkembangan teknologi dan yang lainnya.

Kearifan lokal dapat dibedakan menjadi dua garis besar, yaitu:

  1. Kearifan lokal tradisional atau kearifan lokal lama.

Yang mana kearifan lokal di sini adalah kearifan lokal yang telah dijalankan secara turun temurun dalam waktu yang sangat panjang.

  1. Kearifan lokal kontemporer atau kearifan lokal baru.

Kearifan lokal ini muncul karena adanya pengaruh beberapa hal seperti: perkembangan teknologi dan masuknya budaya luar pada suatu daerah.

Pengertian kearifan lokal menurut UU no 32 Tahun 2009 adalah adalah nilai-nilai luhur yang berlaku di dalam tata kehidupan masyarakat yang bertujuan untuk melindungi sekaligus mengelola lingkungan hidup secara lestari.

Pendek kata, pengertian kearifan lokal adalah sesuatu hal yang telah melekat pada masyarakat dan telah menjadi ciri khas di daerah tertentu secara turun-temurun dan telah diakui oleh masyarakat luas.


Nah semoga teman-teman bisa memahami pengertian kearifan lokal secara umum ya ! Baca juga pengertian pengelolaan menurut para ahli 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *