PENGERTIAN KEGIATAN DISTRIBUSI DAN CONTOHNYA


  • Pengertian kegiatan distribusi contohnya itu apa sih ?
  • Apa yang dimaksud dengan kegiatan distribusi ?
  • Apa itu kegiatan distribusi ? Apa arti kegiatan distribusi ?
  • Apa contoh kegiatan distribusi barang dan jasa ?
  • Apa tujuan kegiatan distribusi ?

Pengertian Kegiatan Distribusi


Pengertian Kegiatan Distribusi Menurut Para Ahli :

Pengertian kegiatan distribusi adalah suatu aktivitas perpindahan barang dan jasa dari sumbernya ke pelanggan atau konsumen akhir melalui jalur distribusi secara tepat waktu (Assauri : 2004)

Definisi kegiatan distribusi adalah suatu kegiatan penyaluran atau pengiriman produk agar sampai ke tangan konsumen akhir (Soekartawi : 2001)

Arti kegiatan distribusi adalah saluran distribusi (distribution channel) yang digunakan oleh produsen dalam menyalurkan barangnya ke  tangan konsumen atau pemakai industri. Lembaga-lembaga yang berperan dalam kegiatan distribusi ini adalah produsen, perantara (agen atau pedagang) dan konsumen atau pemakai industri (Basu Swastha : 2002)


Tahukah teman-teman bahwa barang-barang yang kita gunakan sehari-hari diproduksi dimana? Mulai dari odol, sabun, baju, sepatu, serta berbagai barang yang kita gunakan sehari-hari diproduksi di berbagai tempat yang ada di seluruh dunia.

Ada yang dekat seperti kue yang kita beli di warung yang dibuat sendiri oleh pemilik warung, ada pula yang jauh seperti celana jeans impor yang sering kita pakai. Beragam produk yang diproduksi di berbagai tempat dapat kita akses karena adanya kegiatan distribusi yaitu kegiatan-kegiatan dalam proses penyaluran barang dari produsen sebagai penghasil barang ke tangan konsumen sebagai pengguna barang.

Dari sini dapat kita pahami betapa pentingnya kegiatan distribusi ini. Tanpa adanya kegiatan ini mungkin kita harus membuat sendiri barang-barang yang kita perlukan dan kembali ke zaman dahulu. Meskipun hal ini hampir tidak mungkin dilakukan pada zaman sekarang. Contohnya jika kita berpakaian tentu kita membutuhkan baju. Oke kita jahit bajunya sendiri, tetapi benangnya dari mana? Oke kita tanam dan tenun kapasnya sendiri, bibit kapasnya dari mana?

Selain dari sisi konsumen, kegiatan distribusi juga sangat diperlukan oleh para produsen sehingga dapat menggerakkan roda perekonomian. Barang-barang yang sudah diproduksi tidak akan ada artinya jika tidak didistribusikan sehingga dapat diakses oleh konsumen.

Contohnya hasil pertanian di desa-desa, jika tidak ada distributor yang mau membawa hasil pertanian dari desa ke kota atau daerah lain tentu hasil pertanian tersebut hanya dapat dinikmati oleh masyarakat desa tersebut saja dan sisanya akan membusuk. Kegiatan distribusi juga berperan besar dalam memberikan lapangan pekerjaan, mulai dari usaha transportasi, jasa penjualan, jasa penyimpanan barang atau pergudangan, dan lain sebagainya.

Kegiatan distribusi bukanlah satu kegiatan tunggal. Distribusi mencakup beberapa kegiatan pokok yaitu pengangkutan atau transportasi, penjualan, pembelian, penyimpanan, standarisasi mutu barang, dan penjaminan resiko. Kegiatan pengangkutan dilakukan untuk memindahkan atau menyalurkan barang dari lokasi produsen ke tangan konsumen sehingga sebuah barang dapat disalurkan ke berbagai tempat.

Kemudian juga ada kegiatan penjualan yang merupakan pemindahan hak atas barang tersebut dari tangan produsen ke konsumen. Ada penjualan tentu ada kegiatan pembelian yang dilakukan konsumen untuk mendapatkan suatu barang.

Agar lebih efektif, barang-barang yang didistribusikan biasanya dikirim dalam jumlah besar. Untuk itu diperlukan penyimpanan sementara barang-barang sebelum dijual di sebuah tempat penyimpanan atau gudang. Konsumen sebagai pemakai barang tentu menginginkan barang yang diterimanya memiliki standar mutu yang baik dan terjaga sehingga standarisasi mutu barang menjadi salah satu kegiatan pokok dalam distribusi.

Dan yang terakhir adalah penjaminan resiko terhadap kondisi barang selama di tangan distributor hingga sampai ke konsumen. Untuk mewujudkan hal ini distributor bekerja sama dengan lembaga atau perusahaan asuransi.


Nah itulah penjelasan singkat tentang pengertian kegiatan distribusi barang dan jasa. Semoga teman-teman bisa memahami pengertian kegiatan distribusi dan contohnya secara umum ya ! Baca juga pengertian politik luar negeri bebas aktif dan contohnya 🙂