PENGERTIAN KEGIATAN OPERASIONAL PERUSAHAAN


  • Pengertian kegiatan operasional perusahaan itu apa sih ?
  • Apa pengertian kegiatan operasional utama perusahaan ?
  • Apa yang dimaksud dengan kegiatan operasional ?
  • Apa itu kegiatan operasional ?
  • Apa arti kata kegiatan operasional ?

Pengertian Kegiatan Operasional


Pengertian Kegiatan Operasional Menurut Para Ahli :

Pengertian kegiatan operasional adalah adalah kegiatan utama bisnis dari sebuah perusahaan. Kegiatan ini dihitung berdasarkan hasil penjualan barang atau jasa dikurangi dengan biaya produksi, biaya penjualan dan biaya rutin lainnya seperti biaya listrik, biaya gaji, biaya telepon dsb. (Peni R Pramono : 2007)

Definisi kegiatan operasional adalah kegiatan inti dari suatu bisnis ataupun organisasi untuk menghasilkan pendapatan serta untuk tetap terus menjalankan aktivitas bisnisnya.

Pengertian kegiatan operasional utama perusahaan adalah kegiatan inti atau fokus perusahaan di bidang tertentu yang bisa menghasilkan profit atau keuntungan. Contohnya jika perusahaan tersebut adalah perusahaan tekstil maka kegiatan operasional utama perusahaannya adalah mengolah bahan mentah berupa benang menjadi bahan setengah jadi yaitu kain. Jika perusahaan merupakan jenis perusahaan dagang maka kegiatan operasional utama perusahaan dagang tersebut adalah menjual barang dagang atau produk fisik bukan menjual jasa ataupun menjual aktiva tetap.


Setiap hari kita tidak dapat lepas dari berbagai jenis produk baik barang maupun jasa. Mulai dari odol, pakaian, sepatu, hingga koneksi internet merupakan contoh produk yang kita konsumsi sehari-hari. Dibalik hadirnya produk-produk ini ke hadapan kita setiap hari ada berbagai jenis kegiatan yang dilaksanakan di dalam  sebuah perusahaan untuk dapat merealisasikannya.

Pengertian kegiatan operasional perusahaan adalah kegiatan-kegiatan yang dijalankan dari seluruh fungsi-fungsi yang ada pada sebuah perusahaan agar dapat terlaksananya rencana-rencana strategis untuk mencapai tujuan perusahaan. Mulai dari pengaturan sumber daya manusia, kegiatan administrasi, pengelolaan bahan baku, proses produksi, dan lain sebagainya merupakan contoh kegiatan operasional perusahaan yang dilaksanakan setiap hari.

Seluruh kegiatan ini saling mendukung dan melengkapi agar dapat menghasilkan produk yang akan mendatangkan pemasukan bagi perusahaan. Tidak hanya kegiatan produksi, kegiatan administrasi dan personalia juga memegang peranan penting dalam sebuah perusahaan. Misalnya kegiatan produksi tidak terlepas dari kegiatan personalia, penempatan karyawan sesuai dengan keahliannya pada bagian yang tepat sangat diperlukan sehingga proses produksi dapat dikerjakan dengan baik.

Jika ada salah satu kegiatan ini yang tidak terlaksana atau terlaksana dengan kurang baik maka akan berpengaruh kepada kegiatan-kegiatan lain. Misalnya jika bagian administrasi lalai membayar tagihan listrik sehingga pasokan listrik terhenti ke perusahaan maka proses produksi akan terhambat sehingga produk tidak dapat selesai tepat waktu yang akan berdampak pada pendapatan perusahaan.

Pada dasarnya ada empat fungsi operasional dalam sebuah perusahaan yang mendasari seluruh kegiatan operasional perusahaan diantaranya fungsi operasional sumber daya manusia, fungsi operasional produksi, fungsi operasional marketing/perusahaan, dan fungsi operasional keuangan.

Fungsi operasional sumber daya manusia bertanggung jawab terhadap pengelolaan karyawan mulai dari perekrutan hingga penempatannya sesuai bidang masing-masing. Bagian yang mengelola sumber daya manusia harus dapat menyeleksi calon karyawan yang berbakat, memiliki kemampuan, serta etos kerja yang baik. Setelah itu bagian ini juga harus mengetahui dengan baik kemampuan setiap karyawan sehingga dapat menempatkan mereka di bagian yang tepat.

Fungsi operasional produksi bertanggung jawab dalam keseluruhan proses produksi mulai dari pemilihan lokasi produksi, merumuskan rencana operasional, merumuskan pembagian tugas sesuai keahlian karyawan, mengawasi penggunaan bahan baku dan kualitas produksi, selalu melakukan evaluasi untuk meningkatkan efisiensi, hingga perawatan peralatan kerja.

Fungsi operasional marketing bertanggung jawab dalam hal pemasaran produk sehingga sampai ke tangan konsumen serta memenuhi dan memuaskan keinginan konsumen. Tidak hanya setelah produk jadi akan tetapi mulai dari perencanaan produk, penentuan harga, hingga kegiatan promosi dan distribusi produk.

Dan terakhir fungsi operasional keuangan yang bertanggung jawab dalam hal keuangan perusahaan. Apapun perusahaannya tidak akan dapat beroperasi tanpa adanya dana. Dua hal penting yang menjadi tugas bagian ini adalah bagaimana mendapatkan dana dengan efisien serta bagaimana menggunakannya dengan efektif sehingga seluruh kegiatan operasional perusahaan dapat dijalankan dengan baik.


Itulah penjelasan singkat mengenai pengertian kegiatan operasional & contoh kegiatan operasional. Semoga kalian bisa memahami kegiatan operasional utama perusahaan secara umum ya ! Baca juga pengertian potensi 🙂