PENGERTIAN KEMUDI


  • Pengertian kemudi darurat itu apa sih ?
  • Apa yang dimaksud dengan kemudi ?
  • Apa itu kemudi ? Apa arti kemudi ?
  • Apa pengertian kemudi kapal ?
  • Apa pengertian kemudi manual ?

Pengertian Kemudi


Pengertian Kemudi Menurut Para Ahli :

Istilah kemudi sering digunakan pada kendaraan, apakah itu mobil, kapal, pesawat terbang, dan lain sebagainya. Kemudi merupakan peralatan yang sangat penting karena arah dan keselamatan kendaraan sangat ditentukan olehnya. Kendaraan mau belok ke kiri dan ke kanan atau mau tetap lurus diatur oleh kemudi. Sehingga kemudi suatu kendaraan harus dipegang oleh orang yang memahami benar kendaraan, lokasi yang akan dituju, serta jalan menunju lokasi tersebut.

Jika suatu kendaraan tidak dikemudikan dengan benar, penumpang tidak akan sampai ke tujuan atau yang lebih berbahaya lagi kendaraan bisa mengalami kecelakaan. Yang cukup terkenal seperti pada kasus kapal titanic yang tenggelam dan memakan banyak korban jiwa karena keterlambatan mengubah arah kapal sehingga kapal menabrak gunung es. Dari paparan di atas dapat kita simpulkan bahwa pengertian kemudi adalah peralatan pada kendaraan yang berfungsi untuk mengatur arah perjalanan.

Istilah kemudi juga dapat digunakan sebagai kiasan. Dalam hal ini, arti kemudi adalah hal yang mengacu pada pemimpin atau orang yang mengatur suatu organisasi, apakah perserikatan, perusahaan, pemerintahan, dan lain sebagainya. Ada juga definisi kemudi yang sudah ketinggalan zaman dan tidak lazim digunakan pada zaman sekarang yang artinya pusar-pusar bulu pada kuda. Yaitu pusaran bulu yang ada di seluruh tubuh kuda seperti di batok kepala, pangkal leher atas dan bawah, leher atas di bawah suri, leher bawah, punggung, perut bagian bawah, dan lain-lain.

Istilah kemudi sebagai kiasan cukup sering digunakan. Orang yang memegang kendali suatu organisasi dan dapat mengatur arah dan kebijakan organisasi dapat dikatakan sebagai orang yang memegang kemudi organisasi. Posisi ini sangat penting karena di tangannya ditentukan organisasi mau dibawa kemana serta pertumbuhan dan keutuhan organisasi. Terkadang orang yang memegang kemudi organisasi bukanlah pemimpin organisasi secara formal, bisa juga orang di belakang layar seperti pemberi modal yang mendanai organisasi.

Kata kemudi juga bisa diberi imbuhan seperti berkemudi, mengemudikan, dan pengemudi. Kata berkemudi merupakan kata kerja yang artinya kegiatan sedang memegang kemudi atau mengendarai kendaraan. Kata mengemudikan dapat diartikan memegang kemudi atau kendali kendaraan atau suatu organisasi. Sementara kata pengemudi merupakan kata benda yang menunjukkan orang yang pekerjaan nya mengemudikan kendaraan apakah mobil, kapal, atau pesawat terbang.

Adapun contoh kalimat kemudi :

  •  Setiap hari pihak mertuaku selalu saja ikut campur dalam menentukan arah kemudi rumah tanggaku.
  • Budi sangat senang sekali apabila ia duduk dibangku kemudi mobil paling depan.
  • Kapal itu kehilangan kemudi akibat diterjang ombak yang ganas.

Pengertian kemudi darurat adalah kemudi yang digunakan dalam keadaan darurat atau jika kemudi utama rusak secara tiba-tiba. Pada umumnya fungsinya hampir sama dengan ban serep.

Pengertian kemudi manual adalah kemudi yang dijalankan dengan menggunakan tangan manusia dalam menentukan arah haluan. Contohnya kemudi kapal ketika persiapan berangkat dan bersandar di dermaga ketika cuaca buruk. Atau landing pesawat yang tidak memungkinkan mendarat dengan sistem otomatis maka kemudi manuallah yang digunakan. Sedangkan pengertian kemudi berimbang adalah kemudi yang berada diantara bagian depan dan belakang poros putar yang mempunyai porsi proporsional.


Nah semoga teman-teman bisa memahami pengertian kemudi secara umum dan membuat kalimat dengan kata kemudi ya ! Baca juga pengertian kawat 🙂