PENGERTIAN KERUK


  • Pengertian keruk itu apa sih ?
  • Apa yang dimaksud dengan kapal keruk ?
  • Apa itu keruk ? Apa arti kata keruk ?

Pengertian Keruk


Pengertian Keruk Menurut Para Ahli :

Jika mendengar kata pengerukan umumnya teman-teman akan langsung terbayang alat berat seperti ekskavator yang kebanyakan kita temui berwarna kuning yang menggali atau memindahkan tanah dalam proyek konstruksi atau ketika penanganan longsor. Apa makna kata pengerukan atau keruk dalam bentuk dasarnya ?

Pengertian keruk adalah mengikis habis sesuatu atau bisa juga bermakna galian / lubang galian yang cukup dalam. Contoh penggunaan kata dalam sehari-hari : dompetku keruk (artinya isi dompetku sudah habis atau kondisi keuangan sedang menipis).

Sesuai dengan kamus besar bahasa Indonesia, kata keruk merupakan kata benda yang artinya bunyi yang dihasilkan dari kegiatan menggaruk atau menggores. Saya yakin di pikiran teman-teman sekarang langsung terbayang bunyi yang dimaksud. Kata keruk ini jarang sekali kita gunakan dalam bentuk dasarnya. Kita lebih sering menggunakan kata yang sudah mendapat imbuhan seperti pengerukan, mengeruk, dan mengerukkan.

Kata mengeruk merupakan kata kerja yang menunjukkan kegiatan menggaruk, menggali, mengaut, atau mengorek dengan tujuan hendak mengambil sesuatu. Kegiatan mengeruk ini dapat dilakukan dengan tangan, cakar, atau alat bantu lain sehingga benda yang dimaksud dapat diambil. Sementara itu pengerukan merupakan kata benda yang menunjukkan proses atau cara dalam kegiatan mengeruk. Seperti pengerukan lumpur di sungai yang berarti keseluruhan proses yang terjadi ketika menggali atau mengeruk lumpur dari sungai.

Ada beberapa padanan kata keruk ini seperti garuk, keduk, korek, dan gali. Walaupun maknanya sama akan tetapi penggunaannya disesuaikan dengan konteks kalimat. Misalnya kalimat kucing mengorek pasir tidak dapat kita ganti dengan kucing mengeruk pasir karena akan terdengar ganjil. Atau kalimat Saya menggaruk kepala tentu sangat aneh jika diganti dengan kalimat Saya mengeruk kepala.

Jika di darat kita mengenal ekskavator dan buldoser untuk melakukan pekerjaan konstruksi seperti  pengerukan dan penggalian, di perairan juga dikenal kapal keruk. Pengertian kapal keruk adalah kapal yang fungsinya untuk melakukan pengerukan berupa penggalian dan pemindahan material seperti tanah dan lumpur di perairan seperti sungai, laut dangkal, dan danau. Kapal jenis ini banyak digunakan di pelabuhan, untuk proyek reklamasi, rekayasa pantai, industri pertambangan lepas pantai, dan masih banyak lagi. Untuk menjalankan fungsinya kapal ini dilengkapi dengan peralatan khusus seperti jangkar keruk, mangkok keruk, tangga mangkok, dan lain sebagainya.


Nah itulah penjelasan singkat mengenai arti keruk. Semoga teman-teman bisa memahami pengertian keruk secara umum ya ! Baca juga pengertian kemudi 🙂