PENGERTIAN KJKS BMT


  • Pengertian KJKS BMT itu apa sih ?
  • Apa itu kjks bmt ?
  • Apa definisi kjks bmt ?
  • Apa perbedaan kjks dan bmt ?

Pengertian KJKS BMT


Pengertian KJKS Menurut Para Ahli :

Kepanjangan KJKS adalah Koperasi Jasa Keuangan Syariah. Pengertian KJKS adalah sebuah koperasi yang seluruh kegiatan usahanya bergerak di bidang investasi, pembiayaan, dan simpanan yang dilakukan dengan cara mengikuti konsep syariah yang berlaku atau dengan pola bagi hasil.

Di dalam prakteknya, sebuah Koperasi Jasa Keuangan Syariah hanya akan melakukan aktivitas koperasi yang menerapkan sistem syariah saja dan tidak disertai dengan sebuah pengelolaan dana Zakat, Infaq dan Shadaqah (ZID). Hal inilah yang kemudian membedakan koperasi tersebut dengan BMT, di mana BMT akan malakukan pengelolaan terhadap ZID di dalam oparasionalnya.

Kepanjangan BMT adalah Baitul Maal wat Tamwil. Pengertian BMT adalah sebuah lembaga koperasi yang memiliki dua manajemen keuangan di dalamnya, yakni :

  • Baitul Maal

Baitul Maal adalah sebuah manajemen keuangan yang diperuntukannya untuk menghimpun dan menyalurkan dana Zakat, Infaq dan Shadaqah (ZIS) yang didapatkan dari masyarakat di mana dana tersebut bisa saja bersumber dari anggotanya sendiri ataupun masyarakat luas yang telah mempercayakan pengelolaan dana ZISnya kepada BMT yang bersangkutan.

Istilah Baitul Maal berasal dari kata bait yang bermakna rumah dan al-maal yang artinya harta benda / kekayaan, dengan demikian Baitul Maal dapat diartikan sebagai sebuah perbendaharaan umum atau negara.

  • At – Tamwil

At – Tamwil adalah sebuah kata yang memiliki arti pengembangan harta, dengan demikian At – Tamwil dapat diartikan sebagai suatu lembaga yang melakukan kegiatan pengembangan usaha-usaha investasi dan produktif untuk meningkatkan kesejahteraan para pengusaha mikro melalui kegiatan pembiayaan dan berinvestasi.

Di dalam prakteknya, At – Tamwil dapat disamakan dengan Koperasi Jasa Keuangan Syariah (KJKS) karena keduanya fokus di dalam pelaksaan dan pengelolaan dana masyarakat yang menggunakan sistem keuangan syariah.

Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa Koperasi Jasa Keuangan Syariah (KJKS) hanya melakukan kegiatan perkoperasian dengan memakai sistem syariah tanpa disertai pengelolaan dana ZIS di dalam operasionalnya, sedangkan BMT adalah sebuah lembaga yang menjalankan dua manajemen keuangan sekaligus, yaitu: pengelolaan ZIS dan koperasi syariah.


Itulah penjelasan singkat tentang pengertian bmt dan kjks. Semoga teman-teman bisa memahami pengertian kjks bmt ya ! Baca juga pengertian autis dan penyebabnya 🙂