PENGERTIAN KLIPING DAN CONTOHNYA


  •  Apa yang dimaksud dengan kliping dan sebutkan sistematika pembuatan kliping ?
  • Apa pengertian kliping dan kegunaannya ?
  • Apa tujuan pembuatan kliping ?
  • Apa arti kliping ?

Pengertian Kliping dan Contohnya


Pengertian Kliping Menurut Para Ahli :

Pengertian kliping adalah sebuah aktifitas / kegiatan menggunting atau memotong bagian-bagian tertentu dari sebuah buku, koran, majalah atau yang lainnya dan kemudian dilanjutkan dengan proses menempelkan guntingan-guntingan tersebut pada sebuah media tempel seperti buku / kertas karton.

Tujuan dari kliping adalah untuk mengumpulkan sebuah informasi dalam tema tertentu yang berasal dari berbagai sumber dan menyajikannya untuk kepentingan tertentu. Contoh kliping: kliping tentang perlindungan terhadap anak-anak di bawah umur, kliping dengan tema photography dan yang lainnya.

Di dalam pembuatan kliping terdapat dua teknik yang lazim digunakan, yaitu:

  • Sistem Ordnere

Di dalam teknis ini kliping dibuat dalam sebuah bundel dengan tema tertentu tanpa memperhatikan urutan waktu, nama surat kabar, koran, majalah dan kliping lainnya yang mungkin menjadi sumbernya.

Contoh dari sistem ini adalah kliping dengan tema olahraga, musik dan yang lainnya.

  • Sistem Exive

Dalam sistem exive pembuatan kliping di titik beratkan pada sumbernya dengan detail (buku, majalah, koran) dengan harapan dapat melacak sebuah informasi atau sebuah peristiwa pada waktu tertentu.

Tahapan-tahapan yang harus diperhatikan dalam pembuatan kliping:

  1. Penentuan tema yang akan diangkat.
  2. Proses pengumpulan seluruh informasi, baik itu yang berbentuk gambar maaupun artikel (tulisan) yang berhubungan dengan tema.
  3. Proses pengguntingan / pemotongan majalah, tabloid atau sumber yang lainnya.
  4. Tahap penempelan, dalam proses ini perlu untuk memperhatikan aspek seni dan kerapian agar kliping terlihat menarik dan tidak membosankan.
  5. Pemberian nama / tim pembuat kliping.

Semoga teman-teman bisa memahami pengertian kliping dan cara membuatnya secara umum ya ! Baca juga pengertian entalpi dan entropi 🙂