PENGERTIAN KOMPARATIF DAN CONTOHNYA


  •  Apa yang dimaksud dengan komparatif ?
  • Apa itu komparatif ? Apa arti komparatif ?
  • Apa pengertian keunggulan komparatif dan contohnya ?

Pengertian Komparatif


Pengertian Komparatif Menurut Para Ahli :

Pengertian komparatif adalah suatu hal yang bersifat dapat diperbandingkan dengan suatu hal lainnya.

Hal ini sesuai dengan teori komparatif yang dikemukakan oleh David Ricardo yang menyatakan bahwa perdagangan internal dapat terjadi hanya bila ada perbedaan keunggulan komparatif antar negara. David berpendapat bahwa keunggulan komparatif dapat dicapai jika suatu negara mampu memproduksi barang dan jasa yang kualitasnya lebih baik dan dengan biaya yang lebih murah bila dibandingkan dengan negara lainnya.

Sebagai contoh kita dapat melihat hubungan yang terjadi di antara Indonesia dan Timor Leste. Indonesia dan Timor Leste sama-sama memproduksi kopi dan lada. Pada prakteknya Indonesia mampu memproduksi kopi secara lebih efisien dan dengan biaya yang lebih murah, tetapi Indonesia tidak mampu memproduksi lada secara efisien dan murah. Di sisi lain Timor Leste mampu dalam memproduksi lada secara efisien dan dengan biaya yang murah, tetapi tidak mampu memproduksi kopi secara efisien dan murah. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Indonesia memiliki keunggulan komparatif dalam memproduksi kopi, sedangkan Timor Leste memiliki keunggulan komparatif dalam memproduksi lada. Dalam hal ini terjadinya sebuah perdagangan akan saling menguntungkan jika kedua negara bersedia bertukar kopi dan lada.

Komparatif tidak dimaksudkan untuk menjatuhkan / memperburuk sebuah sistem perdagangan, tetapi komparatif dapat dijadikan sebagai bahan koreksi atau periksa untuk menghasilkan produk-produk yang bermutu lebih baik lagi di masa yang akan datang.


Nah semoga teman-teman bisa memahami pengertian komparatif dan contohnya secara umum ya ! Baca juga pengertian kerjasama bilateral dan multilateral 🙂