PENGERTIAN KOMPENSASI


  •  Apa yang dimaksud dengan kompensasi ?
  • Apa itu kompensasi ? Apa arti kompensasi ?
  • Apa contoh kompensasi ?

Pengertian Kompensasi


Pengertian Kompensasi Menurut Para Ahli :

Pengertian kompensasi adalah ganti rugi yang diberikan oleh seseorang / organisasi kepada seseorang / sekelompok orang sebagai bentuk keseimbangan atas kekecewaan atau kerugian yang diterima oleh orang tersebut dalam hal tertentu yang dalam hal ini penerima adalah pihak yang dirugikan.

Pengertian kompensasi dalam uraian di atas merujuk kepada sebauh kejadian yang kurang / tidak menyenangkan yang telah dialami oleh pihak penerima kompensasi tersebut. Kompensasi terkait dengan kerugian yang tidak selalu berbentuk barang / sesuatu yang memiliki nilai nominal tertentu, tetapi kompensasi justru lebih sering berhubungan dengan sesuatu yang berhubungan dengan perasaan (kecewa, sakit, marah) yang tidak dapat dinilai dengan uang dalam jumlah tertentu. Karena itu sangat sulit untuk membuat / menentukan nilai kompensasi yang akan diberikan atas kerugian-kerugian yang terjadi dalam bentuk non materil.

Beberapa di bawah ini adalah contoh kompensasi, antara lain :

  1. Para penumpang sebuah pesawat mengalami keterlambatan penerbangan selama 6 jam dengan alasan yang disampaikan pihak maskapai bahwa pesawat mengalami kerusakan pada bagian mesin. Dalam hal ini pihak maskapai akan memberikan sejumlah kompensasi yang nominalnya sama untuk setiap penumpangnya, namun pada kenyataannya kerugian yang diderita oleh setiap penumpang tentulah tidak sama. Dalam hal ini ditunjukkan bahwa nilai kompensasi adalah hal yang sulit untuk ditentukan.
  2. Seorang pria menyenggol sebuah motor yang sedang terparkir di tepi jalan dan pria tersebut memberikan sejumlah uang kompensasi sebagai ganti rugi atas kerusakan / kerugian yang terjadi. Di kasus ini nilai kompensasi lebih mudah ditentukan dengan melakukan penaksiran terhadap biaya perbaikan.


Nah semoga teman-teman bisa memahami pengertian kompensasi dan contohnya secara umum ya ! Baca juga pengertian optimis dan pesimis 🙂