PENGERTIAN KOMPETENSI DASAR


  •  Apa yang dimaksud dengan kompetensi dasar ?
  • Apa itu standar kompetensi dan kompetensi dasar ?
  • Apa langkah-langkah perumusan kompetensi dasar ?
  • Apa saja syarat merumuskan kompetensi dasar ?

Pengertian Kompetensi Dasar


Pengertian Kompetensi Dasar Menurut Para Ahli :

Pengertian Kompetensi Dasar adalah pengetahuan, keterampilan dan sikap minimal yang harus dicapai / dimiliki  oleh seorang siswa untuk menunjukkan bahwa siswa tersebut telah mampu menguasai standar kompetensi yang telah ditetapkan. Oleh karena itu maka kompetensi dasar dapat dikatakan sebagai penjabaran dari standar kompetensi.

Kompetensi dasar dikembangkan dengan memperhatikan karakteristik peserta didik, kemampuan awal, serta ciri-ciri dari suatu mata pelajaran. Dengan kata lain peserta didik diharapkan mampu menerapkan pengetahuan dan keterampilan yang dimilikinya sesuai dengan standar yang ditetapkan.

Prinsip-prinsip yang harus diperhatikan dalam merumuskan Kompetensi Dasar yaitu :

1. Meluas.

Dalam hal ini peserta didik memperoleh kesempatan yang luas untuk mengembangkan pengalaman tentang pengetahuan, keterampilan, sikap, nilai yang berkaitan pada pelajaran yang berlangsung.

2. Seimbang.

Kondisi di mana setiap kompetensi perlu dapat dicapai melalui alokasi waktu yang cukup dan pembelajaran yang efektif.

3. Relevan.

Kondisi di mana setiap kompetensi terkait dengan penyiapan peserta didik untuk meningkatkan mutu kehidupan melalui kesempatan pengalaman.

4. Perbedaan.

Terkait upaya pelayanan individual di mana peserta didik perlu memahami apa yang perlu untuk dipelajari dan bagaimana berfikir.

Syarat yang harus dipenuhi untuk merumuskan Kompetensi Dasar yang baik adalah sebagai berikut :

  • Rumusan tujuan yang dibuat harus mengacu kepada perubahan tingkah laku subjek pembelajaran yaitu siswa sebagai peserta didik.
  • Rumusan Kompetensi Dasar harus mencerminkan tingkah laku yang dapat diamati dan diukur.
  • Rumusan Kompetensi Dasar  harus berisikan makna utama dari pokok bahasan yang akan diajarkan pada saat kegiatan belajar mengajar.

Nah semoga teman-teman bisa memahami pengertian kompetensi dasar dan standar kompetensi secara umum ya ! Baca juga pengertian kompensasi 🙂