PENGERTIAN KOMPETITIF


  •  Apa yang dimaksud dengan kompetitif ?
  • Apa itu kompetitif ? Apa arti kompetitif ?
  • Apa pengertian keunggulan kompetitif ?
  • Apa saja contoh keunggulan kompetitif perusahaan ?

Pengertian Kompetitif


Pengertian Kompetitif Menurut Para Ahli :

Pengertian kompetitif adalah suatu hal yang berhubungan dengan sebuah persaingan / kompetisi. Dalam hal ini kompetitif dapat diposisikan sebagai suatu kondisi perebutan atau keadaan berkompetisi yang terjadi / dialami oleh seseorang atau sekelompok orang dalam memenangkan sebuah persaingan.

Contoh : Pertandingan olahraga tinju antara Chris John vs Manny Pacquiao sangat kompetitif. Artinya antara Chris John dan Manny Pacquiao sama-sama berkompetisi dengan persaingan yang cukup sulit untuk mendapatkan gelar juara. Jika salah satu dari mereka tidak memberikan perlawanan yang berarti atau bahkan terkesan main-main maka pertandingan tersebut dapat dikatakan pertandingan yang tidak kompetitif.

Untuk menang dalam sebuah persaingan, maka orang perlu mempelajari keunggulan-keunggulan kompetitif yang dimilikinya.

Pengertian keunggulan kompetitif adalah kemampuan yang dimiliki oleh sebuah organisasi untuk merumuskan strategi dan mengaplikasikannya pada suatu posisi yang tepat dengan menggunakan kemampuan karakteristik dan segala sumber daya yang dimiliki oleh perusahaan dengan tujuan untuk memperolah keuntungan yang sebesar-besarnya. Ada dua hal yang akan mempengaruhi tercapainya keunggulan kompetitif, yaitu : harga yang rendah dan keunikan produk itu sendiri.

Bila merujuk pada uraian di atas maka dapat kita simpulkan bahwa keunggulan kompetitif merupakan keunggulan yang dimiliki oleh suatu organisasi / perusahaan, di mana keunggulan yang ada akan dipergunakan untuk berkompetisi dan bersaing dengan organisasi atau perusahaan sejenis lainnya dengan tujuan untuk mendapatkan laba yang sebesar-besarnya.

Ada beberapa komponen yang dapat menambah nilai keunggulan dalam bersaing, yaitu :

  • Adanya nilai tambah yang dimiliki produk akan meningkatkan keunggulan bersaing perusahaan.
  • Keunikan produk di antara produk sejenis lainnya.
  • Tingkat kesulitan yang dimiliki produk untuk dipalsukan / ditiru dengan sempurna.
  • Adanya tenaga ahli yang memiliki strategi / keahlian yang langka dan tidak banyak dimiki oleh orang-orang.

Semoga teman-teman bisa memahami keunggulan kompetitif dan contohnya secara umum ya ! Baca juga pengertian komparatif 🙂