PENGERTIAN KOMPONEN


  • Pengertian komponen elektronika itu apa sih ?
  • Apa yang dimaksud dengan komponen biotik dan abiotik ?
  • Apa itu komponen aktif dan pasif ?
  • Apa arti komponen / definisi komponen ?
  • Apa pengertian komponen komputer dan contohnya ?

Pengertian Komponen


Pengertian Komponen Menurut Para Ahli :

Pengertian komponen adalah keseluruhan makna yang terdiri dari sejumlah elemen, dimana antara elemen yang satu dengan elemen lainnya memiliki ciri khusus yang berbeda-beda (Aminuddin : 2008)

Definisi komponen adalah bagian dari suatu sistem yang mempunyai peran penting di dalam keseluruhan aspek berlangsungnya suatu proses dalam pencapaian suatu tujuan di dalam system (Tataart study : 2012)

Istilah komponen sangat umum digunakan dalam berbagai bidang. Mulai dari komponen komputer, komponen elektronika, komponen ekosistem, sampai komponen sikap. Arti komponen adalah bagian dari keseluruhan atau unsur yang membentuk suatu sistem atau kesatuan.

Contohnya sebuah sistem komputer. Pengertian komponen komputer adalah bagian / komponen-komponen yang saling bekerja sama sehingga tercipta sistem komputer yang utuh. Kehilangan satu komponen saja dapat menyebabkan sebuah sistem tidak bekerja dengan baik atau malah tidak dapat bekerja sama sekali. Misalnya dalam suatu sistem komputer jika unit masukan seperti keyboard mengalami kerusakan tentu kita akan kesulitan memberikan input pada komputer sehingga komputer tidak dapat digunakan dengan baik.

Jika berbicara mengenai sistem komputer, ada banyak sekali komponen yang membentuk sebuah sistem komputer. Apalagi pada zaman sekarang dimana teknologi semakin canggih sehingga semakin beragam komponen pendukung untuk menjalankan sebuah sistem komputer. Tetapi pada dasarnya ada tiga komponen utama perangkat keras komputer agar komputer dapat bekerja yaitu unit masukan, unit pemrosesan, dan unit keluaran.

Unit masukan merupakan komponen yang berfungsi memberi input atau masukan ke komputer, contohnya seperti keyboard, mouse, dan lain-lain. Melalui unit inilah kita memberikan perintah yang akan diproses oleh bagian pemrosesan. Kemudian unit pemrosesan yang akan mengolah input yang telah diberikan. Disinilah terletak otak komputer yang disebut CPU atau central processing unit. Dan terakhir unit keluaran yang akan menampilkan hasil pemrosesan yang telah dilakukan, bisa dalam bentuk tampilan di monitor, dicetak di kertas dengan menggunakan printer, dan lain sebagainya.

Ada juga istilah komponen elektronika. Pengertian komponen elektronika adalah bagian-bagian pembentuk sebuah rangkaian elektronik baik yang sederhana maupun yang sangat kompleks sehingga rangkaian tersebut dapat bekerja dengan baik. Misalnya rangkaian elektronik untuk membuat running led atau lampu berjalan dimana lampu led dinyalakan dan dimatikan secara bergantian sehingga terlihat seperti sedang berjalan.

Ada dua jenis komponen elektronika yaitu komponen aktif dan komponen pasif. Perbedaan keduanya terletak pada kebutuhan akan sumber tegangan dan arus listrik. Komponen aktif merupakan komponen elektronika yang membutuhkan sumber tegangan atau arus agar dapat bekerja, contohnya transistor, transducer, dan thyristor. Kebalikannya komponen pasif tidak membutuhkan sumber tegangan atau arus agar dapat beroperasi, contohnya seperti resistor, kapasitor, dan saklar.

Pengertian komponen aktif dan pasif dan contohnya :

  • Pengertian komponen aktif adalah komponen elektronika yang memerlukan sumber arus dan tegangan sendiri dalam pengoperasiannya. Contoh komponen aktif : transistor, diode dan IC.
  • pengertian komponen pasif adalah komponen elektronika yang sama sekali tidak membutuhkan arus dan sumber tegangan dalam pengoperasiannya. Contoh komponen pasif : resistor, kapasitor dan transformator.

Pengertian komponen pendidikan adalah bagian-bagian dari sistem proses pendidikan, yang mana bagian-bagian tersebut punya elemen penting dalam menentukan berhasil dan tidaknya atau ada dan tidaknya suatu proses pendidikan.

Pengertian komponen sistem informasi adalah keseluruhan komponen yang berhubungan dengan berbagai macam bentuk teknik pengumpulan data, pengolahan data, pengiriman data, penyimpanan data, dan penyajian informasi dan yang dibutuhkan untuk manajemen, seperti :

  • Sistem Administrasi dan Operasional
  • Sistem Pelaporan Manajemen
  • Sistem Database
  • Sistem Pencarian
  • Manajemen Data

Pengertian komponen ekosistem dan contohnya :

Komponen ekosistem adalah bagian-bagian yang membentuk suatu ekosistem secara utuh yang meliputi :

  • Komponen abiotik / tak hidup. Contoh komponen abiotik adalah : suhu, air, garam, sinar matahari, tanah, batu dan iklim.
  • Komponen biotik / hidup. Contoh komponen biotik adalah : manusia, mikroba, hewan, jamur, dsb.

Nah itulah penjelasan singkat mengenai pengertian komponen dan contohnya. Semoga teman-teman bisa memahami pengertian komponen secara umum ya ! Baca juga pengertian komersial dan nonkomersial 🙂