PENGERTIAN KOMUNITAS DAN CONTOHNYA


  •  Apa yang dimaksud dengan komunitas ?
  • Apa itu komunitas & apa contoh komunitas ?
  • Apa arti komunitas ?

Pengertian Komunitas dan Contohnya


Pengertian Komunitas Menurut Para Ahli :

Definisi komunitas adalah sebuah struktur interaksi sosial yang terdiri dari berbagai dimensi fungsional yang ditandai dengan adanya hubungan timbal balik dan saling menguntungkan (Soenarno : 2002)

Arti komunitas adalah kelompok sosial yang mempunyai habitat lingkungan dan ketertarikan yang sama dalam ruang lingkup kepercayaan ataupun ruang lingkup yang lainnya (Wenger : 2002)

Pengertian komunitas adalah kelompok sosial yang nyata yang terdiri dari individu-individu dengan berbagai peran dan latar belakang yang mempunyai satu tujuan tertentu (Hendro Puspito)

Dalam ilmu biologi, definisi dari komunitas adalah kumpulan dari beberapa populasi yang berkumpul dan hidup bersama dalam suatu wilayah / lingkungan tertentu.

Sedangkan dalam ilmu sosial, komunitas memiliki arti sebagai sebuah kelompok dari beberapa organisme yang melakukan kegiatan sosial karena memiliki ketertarikan dan habitat yang sama.

Komunitas dapat dibedakan menjadi 3 komponen, yaitu:

  1. Berdasarkan lokasi / tempat, dalam komponen ini sebuah komunitas terbentuk karena adanya interaksi di antara beberapa orang / kelompok yang tinggal di wilayah yang sama.
  2. Berdasarkan minat, komunitas ini terbentuk karena adanya interaksi antara orang-orang yang memiliki minat yang sama pada satu bidang tertentu.

Contohnya: komunitas musik, komunitas seni, komunitas pecinta alam dan sebagainya.

  1. Berdasarkan Komuni, komunitas ini adalah komunitas yang terbentuk berdasarkan ide-ide tertentu yang menjadi landasan dari komunitas itu sendiri.

Contohnya: sebuah perguruan silat, sebuah partai politi dan yang lainnya.

Ada banyak hal yang menjadi tujuan berdirinya / terciptanya sebuah komunitas, di antaranya adalah:

  • Sebagai tempat untuk menyalurkan bakat dan kemampuan seseorang dalam bidang tertentu, contohnya: komunitas teater, komunitas seni, komunitas musik dan lainnya.
  • Menjadi tempat belajar dan mempelajari hal-hal yang sebelumnya tidak pernah terpikirkan sebelumnya, contohnya: dengan mengikuti komunitas photography tantu saja secara otomatis yang bersangkutan akan mempelajari ilmu tentang photography di sana.
  • Membuka diri terhadap perkembangan teknologi dan hal-hal baru, contohnya: masuk ke dalam komunitas diskusi online yang bertemakan gadget.

Semoga teman-teman bisa memahami pengertian komunitas dan contohnya dalam biologi dan secara umum ya ! Baca juga pengertian ekologi 🙂