PENGERTIAN KONDENSASI


  • Pengertian kondensasi dalam siklus hidrologi itu apa sih ?
  • Apa yang dimaksud dengan kondensasi uap air ?
  • Apa itu kondensasi ?  Apa arti kata kondensasi ?
  • Apa pengertian kondensasi dalam siklus hidrologi ?

Pengertian Kondensasi


Pengertian Kondensasi Menurut Para Ahli :

Pengertian kondensasi menurut kbbi adalah perubahan uap air atau benda gas menjadi suatu benda cair pada suhu udara di bawah titik embun. Makna lainnya, definisi kondensasi adalah penggabungan dua ide atau lebih di alam bawah sadar menjadi satu ide tunggal.

Istilah kondensasi cukup jarang kita dengar. Tapi siapa yang tidak tahu dengan pengembunan ? Hampir semua orang tahu apa itu embun. Pagi hari sebelum matahari terbit saat kita berjalan-jalan maka kita dapat melihat daun atau rumput yang basah padahal malam harinya tidak ada hujan. Atau pada siang hari ketika kita memasukkan air es ke dalam gelas maka kita akan melihat pada bagian luar gelas muncul tetes-tetes air padahal sebelumnya gelas itu kering. Itu semua adalah contoh terjadinya kondensasi atau pengembunan.

Pengertian kondensasi adalah perubahan wujud suatu benda ke wujud yang lebih padat, seperti perubahan wujud dari gas menjadi cair atau dari gas menjadi padat. Lalu apa penyebab terjadinya perubahan wujud tersebut? Benda dalam wujud gas dapat diubah ke wujud cair atau padat dengan cara memberikan tekanan dan menurunkan suhu. Contohnya uap air yang berwujud gas di udara dapat kembali menjadi air ketika suhu udara mengalami penurunan menjadi lebih dingin di bawah titik embun.

Titik embun merupakan suatu kondisi ketika udara tidak lagi mampu menampung uap air sehingga uap tersebut kembali menjadi tetes-tetes air. Tetes-tetes air inilah yang kemudian menempel di daun atau rumput dan disebut embun. Jika suhu udara sangat dingin bahkan di bawan nol derajat maka uap air tidak hanya berubah menjadi cair tetapi juga bisa menjadi padat membentuk kristal es.

Terjadinya embun merupakan contoh kondensasi yang terjadi secara alami. Kondensasi juga bisa diciptakan dengan memanipulasi suhu dan tekanan. Bahkan hal ini juga dapat dimanfaatkan, contohnya   ketika kita akan memisahkan komponen-komponen kimia melalui proses distilasi atau penyulingan dimana salah satu caranya adalah dengan kondensasi.

Dalam bidang psikologi juga dikenal istilah kondensasi yang artinya penyatuan pikiran-pikiran yang tersembunyi di bawah kesadaran yang muncul sebagai ide tunggal. Contohnya ketika seorang pengarang komik menciptakan sebuah karakter, tanpa disadarinya karakter tersebut merupakan hasil penggabungan dari beberapa karakter yang dikenal atau diketahui, serta tersimpan di memori si pengarang. Karena secara logikanya tidak mungkin kita bisa membuat sesuatu yang belum pernah kita ketahui sebelumnya, pasti karena terinspirasi dari hal-hal yang kita ketahuilah kita dapat membuat sesuatu yang baru.


Itulah penjelasan singkat mengenai pengertian kondensasi dan contohnya. Semoga teman-teman bisa memahami pengertian kondensasi dalam geografi ya ! Baca juga pengertian konservatif 🙂