PENGERTIAN KONDOMINIUM


  • Pengertian kondominium itu apa sih ?
  • Apa yang dimaksud dengan kondominium ?
  • Apa itu kondominium / arti kata kondominium ?
  • Apa perbedaan kondominium dan apartemen ?

Pengertian Kondominium


Pengertian Kondominium Menurut Para Ahli :

Kondominium atau yang lebih sering disingkat dengan kata “kondo” saja, merupakan sebuah kata yang berasal dari bahasa Inggris, yakni condominium yang memiliki arti sebagai bentuk lain dari hak guna bangunan / tempat tinggal.

Sedangkan pengertian kondominium adalah bentuk hak guna perumahan yang letaknya terdapat pada bagian real estate tertentu (biasanya berupa kamar apartemen) yang dimiliki secara pribadi, namun terkait dengan segala bentuk penggunaan berbagai macam fasilitas di dalam pegaksesannya, seperti: lorong, sistem pemanas, elevator, eksterior dan yang lainnya tetap berada di bawah wilayah hukum yang dihubungkan dengan kepemilikan pribadi dan dikontrol oleh asosiasi pemilik yang merupakan badan kepemilikan keseluruhan bangunan tersebut.

Dari uraian di atas, jelas digambarkan bahwa pengertian bangunan kondominium merujuk kepada unit atau digunakan sebagai kata pengganti “apartemen”. Namun kondominium berbeda dengan apartemen, di mana arti kondominium itu sendiri ditujukan sebagai sebuah hunian / unit yang statusnya berada di bawah kepemilikan pribadi dan bukan sebagai hak pakai / sewa sebagaimana apartemen pada umumnya.

Kondominium juga menjadi sebuah istilah hukum yang banyak di pakai di negara-negara yang berada di wilayah Amerika dan kemudian berkembang ke negara di wilayah Inggris dan beberapa wilayah di Australia.

Di Indonesia sendiri, kata kondominium lebih banyak digunakan oleh mereka yang bergelut di dalam bisnis properti, di mana sejak beberapa tahun terakhir kondominium telah diperkenalkan sebagai produk hunian baru bagi mereka yang tinggal di wilayah perkotaan seperti Jakarta dan beberapa kota besar lainnya. Para pebisnis properti juga memiliki sebuah pandangan tersendiri dalam membedakan arti kata kondominium dengan apartemen. Dalam hal ini mereka menggunakan istilah kondominium sebagai kata yang merujuk kepada sebuah unit apartemen yang dijual dan akan dimiliki secara pribadi oleh para penghuninya, sedangkan penggunaan kata apartemen sendiri digunakan untuk menunjukkan unit / hunian apartemen yang akan disewakan.

Hal tersebut tentu saja dua buah pengertian yang sangat berbeda, meskipun sebenarnya saat ini sudah ada banyak apartemen yang dipasarkan dengan status kepemilikan pribadi.


Nah semoga teman-teman bisa memahami pengertian kondominium ya ! Baca juga pengertian laundry list 🙂