PENGERTIAN KONFIGURASI


  •  Apa yang dimaksud dengan konfigurasi ?
  • Apa itu konfigurasi ? Apa arti konfigurasi ?
  • Apa pengertian konfigurasi elektron ?
  • Apa pengertian konfigurasi jaringan ?
  • Apa pengertian konfigurasi politik ?

Pengertian Konfigurasi


Pengertian Konfigurasi Menurut Para Ahli :

Pengertian konfigurasi adalah suatu pembentukan susunan, settingan atau proses pembuatan wujud dari sebuah benda. Pada penggunaannya, kata konfigurasi umumnya digunakan dengan penambahan kata yang kemudian akan memperjelas arti kata konfigurasi itu sendiri. Contoh : konfigurasi sistem komputer, berarti melakukan settingan atau setelan pada sistem komputer agar komputer tersebut bisa masuk ke sistem jaringan dengan baik dan benar.

Berikut ini adalah beberapa contoh penggunaan kata konfigurasi lainnya beserta dengan pengertiannya :

  1. Konfigurasi Elektron.

Konfigurasi Elektron adalah distribusi elektron-elektron yang terjadi pada atom atau molekul di dalam sebuah orbital. Susunan elektron pada sebuah atom adalah beraturan dan mengikuti pola dan rumus atau kaidah tertentu yang telah ditetapkan oleh para ahli kimia yang khusus mempelajari masalah konfigurasi elektron.

Di dalam ilmu kimia, dasar penyusunan konfigurasi elektron suatu atom diterapkan pada 3 aturan, yaitu: Prinsip Aufbau, Kaidah Hund dan larangan Paul Hund.

  1. Konfigurasi Jaringan.

Konfigurasi Jaringan merupakan gambaran dari berbagai kegiatan yang berhubungan dengan membangun dan mempertahankan jaringan data. Konfigurasi Jaringan melingkupi berbagai isu-isu yang berkaitan dengan memungkinkan protokol dari perspektif perangkat lunak, serta isu-isu yang berkaitan dengan router, switch dan firewall dari perspektif hardware.

  1. Konfigurasi politik.

Konfigurasi Politik dapat didefenisikan sebagai sebuah susunan atau konstelasi kekuatan politik yang secara dikotomis terbagi atas dua konsep yang bertentangan secara diametral, yaitu :

  • Konfigurasi Politik Demokratis

Di dalam Konfigurasi Demokratis, partai politik dan semua anggota lembaga perwakilan rakyat aktif berperan menentukan hukum negara atau politik secara nasional.

  • Konfigurasi Politik Otoriter.

Pada Konfigurasi Politik Otoriter yang terjadi adalah sebaliknya.


Semoga teman-teman bisa memahami pengertian konfigurasi dan contohnya secara umum ya ! Baca juga pengertian heterogami 🙂