PENGERTIAN KONSERVASI


  • Pengertian konservasi lingkungan hidup itu apa sih ?
  • Apa yang dimaksud dengan konservasi alam ?
  • Apa itu konservasi hutan ? Apa arti dari kata konservasi ?
  • Apa pengertian konservasi sumber daya alam ?
  • Apa pengertian konservasi lahan ?

Pengertian Konservasi


Pengertian Konservasi Menurut Para Ahli :

Pengertian konservasi adalah pengelolaan biosfer secara aktif yang bertujuan untuk menjaga kelangsungan keanekaragaman spesies maksimum dan pemeliharaan keragaman genetik di dalam suatu spesies, termasuk juga pemeliharaan fungsi biosfer seperti fungsi ekosistem dan siklus nutrisi. (Allaby : 2010)

Definisi konservasi adalah alokasi sumberdaya alam antar waktu (lintas generasi) yang optimal secara sosial. (Randall : 1982)

Arti konservasi adalah manajemen penggunaan dan pemanfaatan biosfer oleh umat manusia yang memberikan keuntungan besar serta dapat diperbrui untuk generasi-generasi dimasa mendatang. (WCS : 1980)

Pengertian konservasi menurut KBBI, selain diartikan sebagai pelestarian, konservasi juga memiliki arti lain yaitu kegiatan menutupi bagian dalam badan kapal, mobil, dan lain sebagainya dengan suatu lapisan untuk melindungi dari karat. Contohnya badan kapal sangat rentan terkena karat dari air laut sehingga harus dirawat secara teratur.

Istilah konservasi atau yang dikenal dengan pelestarian atau perlindungan seringkali dikaitkan dengan masalah lingkungan seperti konservasi sumber daya alam, konservasi hutan, konservasi lingkungan hidup, konservasi air, konservasi energi, konservasi tanah, dan lain sebagainya. Hal ini karena alam sebagai tempat kita hidup dan mencari penghidupan sangat penting dijaga kelestariannya dan alam lah yang sangat sering terancam kelestariannya karena ulah orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Hanya ingin mengambil keuntungan tanpa memperdulikan dampak yang ditimbulkan.

Ada beberapa definisi istilah konservasi. Jika dilihat secara umum, pengertian konservasi adalah suatu usaha pemeliharaan, pengelolaan, dan perlindungan secara berkesinambungan yang dilakukan terhadap sesuatu untuk menghindari kepunahan dan kerusakannya dengan cara mengawetkan, melestarikan, atau mengefisienkan penggunaannya.

Sementara itu, pengertian konservasi lingkungan hidup adalah upaya yang dilakukan untuk menjaga kelestarian lingkungan dimana kita masih dapat memanfaatkannya akan tetapi dengan tetap menjaga keutuhan komponen-komponennya agar masih dapat dinikmati di masa mendatang. Selain menjaga kelestariannya juga diharapkan dapat meningkatkan daya guna lingkungan itu sendiri sehingga lebih banyak manfaat yang diperoleh.

Dapat kita lihat bahwa konservasi bukan berarti menghentikan sama sekali pemanfaatan lingkungan, hanya saja pemanfaatannya harus diperhatikan dengan bijaksana. Lagipula yang akan merasakan manfaat ataupun kerusakan lingkungan adalah kita sendiri dan anak cucu kita sehingga hal ini memang sudah menjadi kewajiban kita untuk melestarikan lingkungan  .

Istilah konservasi tidak hanya ditujukan untuk lingkungan, istilah ini juga dapat digunakan di bidang lain contohnya konservasi gigi. Pengertian konservasi gigi adalah upaya untuk merawat dan mempertahankan gigi agar kembali normal dari segi fungsi dan bentuknya. Contohnya seperti merawat dan mencegah gigi berlubang, menambal gigi yang berlubang, merawat syaraf gigi yang sudah mati, pemutihan gigi, pemasangan kawat gigi, dan lain sebagainya. Untuk melakukan konservasi gigi ini ternyata ada dokter spesialisnya sendiri yaitu dokter spesialis konservasi gigi.

Adapun pengertian konservasi lainnya antara lain :

Pengertian konservasi sumber daya alam adalah pengelolaan berbagai jenis sumber daya alam yang dilakukan secara bijaksana yang bertujuan untuk menjamin kesinambungan persediaannya dengan meningkatkan kualitas dan memelihara keanekaragaman dan nilainya. (UU No 5 Tahun 1990)

Pengertian konservasi lingkungan hidup adalah suatu bentuk perlindungan terhadap lingkungan hidup agar terhindar dari berbagai kerusakan kecil ataupun kerusakan besar yang diakibatkan oleh pemanfaatan yang tidak normal atau di luar batas kemampuan / daya dukung lingkungan tersebut.

Pengertian konservasi lahan adalah suatu cara penggunaan, pengelolalan dan pemanfaatan lahan atau tanah sesuai dengan kemampuannya. Konservasi lahan juga berarti memberikan perlakuan yang normal dan sesuai dengan syarat-syarat yang diperlukan. Tujuan konservasi adalah agar lahan tersebut tidak cepat rusak serta untuk mempertahankan tingkat produktifitas untuk waktu yang tidak terbatas (menjamin kesinambungan persediaannya). Contoh : konservasi lahan gambut dan konservasi lahan pertanian.

Pengertian konservasi hutan adalah suatu bentuk usaha untuk melestarikan hutan yang tujuan utamanya adalah untuk menjaga berbagai spesies tanaman dan hewan tertentu di dalamnya dari ancaman kepunahan.

Pengertian konservasi air adalah usaha pengelolaan sumber daya air sekaligus penghematan air dengan mengurangi volume penggunaan air segar demi meningkatkan efisiensi pemakaian air. Konservasi air bisa dilakuakan dengan bantuan teknologi ataupun mengubah perilaku sosial.


Nah itulah pengertian konservasi dan contohnya. Semoga teman-teman bisa memahami pengertian konservasi secara umum ya ! Baca juga pengertian kondensasi 🙂