PENGERTIAN KONTRAPRODUKTIF


  • Pengertian kontraproduktif itu apa sih ?
  • Apa yang dimaksud dengan kontraproduktif ?
  • Apa itu kontraproduktif ? Apa arti kata kontraproduktif ?
  • Apa contoh perilaku kontraproduktif ?

Pengertian Kontraproduktif


Pengertian Kontraproduktif Menurut Para Ahli :

Arti kontraproduktif adalah sesuatu hal yang menghambat pencapaian tujuan yang diinginkan, memiliki efek yang berlawanan dengan tujuan yang dimaksudkan atau sesuatu yang bisa menggagalkan pencapaian tujuan dimaksud.

Pengertian kontraproduktif adalah suatu perilaku yang mempunyai dampak yang negatif atau buruk terhadap organisasi. (Gruys & Sacket 2003)

Definisi kontraproduktif adalah perilaku yang dilakukan oleh individu atau karyawan secara sengaja yang menyimpang dari aturan organisasi serta mengancam kesejahteraan para anggota organisasi tersebut. (Greenberg & Baron : 2003)


Setiap pekerjaan yang kita lakukan dengan cara dan tujuan yang baik akan menghasilkan sesuatu yang baik dan menguntungkan pula bagi diri pribadi dan bagi lingkungan. Misalnya seorang karyawan yang bekerja dengan baik dan rajin akan mendapatkan keuntungan berupa gaji setiap bulan, bonus, ditambah reputasi yang baik. Begitupula bagi perusahaan, dengan kinerja karyawan yang baik akan membuat operasional perusahaan berjalan lancar yang tentu saja dapat meningkatkan pendapatan perusahaan.

Sebaliknya jika karyawan tersebut bekerja tanpa mengindahkan SOP atau Standard Operating Procedures sehingga terjadi kecelakaan kerja, hal ini tentu merugikan bagi karyawan tersebut serta menyusahkan dan tidak menguntungkan bagi perusahaan.

Segala sesuatu yang sifatnya tidak menguntungkan atau tidak menghasilkan apa-apa disebut juga dengan kontraproduktif. Kontraproduktif tidak terbatas pada dunia pekerjaan saja. Hal ini dapat terjadi pada berbagai bidang kehidupan, misalnya dalam kehidupan sehari-hari, politik, pendidikan, ekonomi, dan lain sebagainya.

Kontraproduktif dapat terjadi karena beberapa hal seperti tidak taat prosedur dan aturan, rasa malas, egois atau mementingkan diri sendiri, terlalu banyak berpikir sehingga tidak ada aksi, dan lain sebagainya. Prosedur dan aturan dibuat sebagai panduan dalam bekerja agar hasil pekerjaan sesuai dengan yang diharapkan.

Jika seseorang bekerja diluar prosedur dan aturan yang telah ditetapkan maka hasil pekerjaannya tidak akan sesuai dengan yang diharapkan dan dapat merugikan perusahaan. Rasa malas memang tidak ada obatnya, seseorang yang malas tidak akan menghasilkan apapun baik bagi dirinya maupun bagi lingkungan. Seseorang yang sangat menginginkan kesempurnaan biasanya akan memikirkan segala sesuatu dengan matang sebelum berbuat. Hal ini sangat positif akan tetapi jika terlalu banyak berpikir dan tidak kunjung direalisasikan juga tidak akan menghasilkan apa-apa.

Sebuah perusahaan atau organisasi membutuhkan para karyawannya untuk dapat mencapai tujuan perusahaan atau organisasi. Hal ini hanya dapat terjadi jika si karyawan bekerja dengan baik dan sesuai dengan aturan. Namun ada juga sebagian karyawan yang berperilaku kontraproduktif dalam bekerja yaitu berperilaku baik secara sengaja ataupun tidak yang bertentangan dan menghambat tercapainya tujuan perusahaan atau organisasi.

Contoh perilaku kerja yang kontraproduktif seperti mencuri barang-barang perusahaan, melanggar aturan perusahaan, mengganggu atau menyakiti karyawan lain, menyebarkan berita bohong di lingkungan kantor sehingga mengganggu kenyamanan karyawan lain, dan lain sebagainya.


Nah semoga teman-teman bisa memahami pengertian kontraproduktif secara umum ya ! Baca juga pengertian simultan 🙂