PENGERTIAN KONVENSIONAL DAN CONTOHNYA


  • Pengertian konvensional dan contohnya itu apa sih ?
  • Apa yang dimaksud dengan konvensional ?
  • Apa yang dimaksud dengan bioteknologi konvensional ?
  • Apa itu konvensional ? Apa arti konvensional?
  • Apa pengertian konvensional dalam pembelajaran ?

Pengertian Konvensional dan Contohnya


Pengertian Konvensional Menurut Para Ahli :

Pengertian konvensional adalah segala sesuatu yang sifatnya mengikuti adat atau kebiasaan yang umum atau lazim digunakan.

Definisi konvensional adalah suatu bentuk sifat untuk hal-hal yang normal, biasa, dan mengikuti cara yang diterima secara umum.

Istilah ini berasal dari kata konvensi yang artinya kesepakatan yang telah dibuat sejumlah orang apakah itu dalam skala organisasi, daerah, ataupun negara. Sehingga dapat dikatakan konvensional merupakan segala sesuatu yang mengikuti apa yang telah disepakati secara umum.

Contohnya sudah menjadi adat atau kebiasaan jika seorang gadis sifatnya menunggu lamaran dari pihak laki-laki. Orang yang konvensional tidak akan mau mengambil langkah agresif dengan mendekati atau melamar laki-laki lebih dulu. Berbeda dengan zaman sekarang dimana orang sudah lebih berani dan tidak terpaku pada hal konvensional tersebut sehingga sudah banyak perempuan yang lebih agresif terhadap laki-laki.

Walupun istilah konvensional mengacu pada hal-hal yang mengikuti kesepakatan akan tetapi perlu dilihat ruang lingkup kesepakatan yang dibuat. Sesuatu hanya akan menjadi konvensional jika dihasilkan dari kesepakatan dalam ruang lingkup yang luas contohnya kesepakatan internasional atau adat dan kebiasaan yang ada dimasyarakat yang telah ada sejak lama.

Kurang tepat jika dikatakan istilah konvensional merupakan hal-hal yang sudah kuno atau lama. Sebagian orang mengidentikkan konvensional dengan hal-hal yang kuno karena banyak dari contoh hal-hal yang bersifat konvensional merupakan hal-hal yang sudah lazim digunakan sejak lama. Tapi konvensional bukan berarti kuno.

Sejak didirikannya Bank Muamalat yang merupakan pelopor bank syariah di Indonesia, muncul istilah bank konvensional dan bank syariah. Pengertian bank konvensional adalah bank pada umumnya yang sistem kerjanya mengikuti prosedur dan ketetapan yang sudah ada dan umum digunakan contohnya seperti Bank Mandiri, BCA, dan Bank Permata. Berbeda dengan bank syariah yang dalam operasi dan prinsip kerja berdasarkan hukum islam yang belum umum digunakan di Indonesia.

Dalam bidang persenjataan juga dikenal istilah senjata konvensional. Pengertian senjata konvensional adalah senjata-senjata yang umum dan populer digunakan sejak zaman dahulu contohnya bom cluster, bom fosfor, napalm, peluru DU, dan ranjau darat. Senjata ini banyak digunakan salah satunya karena harganya yang murah dan dampak yang dihasilkan juga tidak kalah dengan senjata kimia. Contohnya saja ranjau darat yang sangat berbahaya karena sering digunakan sebagai jebakan. Bahkan setelah perang berakhir pun masih tertinggal sisa-sisa ranjau yang masih berbahaya.

Pengertian bioteknologi konvensional adalah bioteknologi yang menggunakan mikroorganisme dalam menghasilkan suatu produk dan jasa, contohnya bakteri dan jamur yang menghasilkan enzim-enzim tertentu untuk melakukan metabolisme tertentu sehingga nantinya diperoleh produk-produk yang diinginkan.

Pengertian pembelajaran konvensional adalah adalah proses belajar mengajar secara tradisional dengan metode ceramah, metode diskusi, metode tanya jawab dan metode penugasan. (Djamarah : 1996)


Nah itulah pengjelasan singkat mengenai arti konvensional. Semoga teman-teman bisa memahami pengertian konvensional dan contohnya ya ! Baca juga pengertian konservasi 🙂