PENGERTIAN KONVOI


  • Pengertian konvoi itu apa sih ?
  • Apa yang dimaksud dengan konvoi ?
  • Apa itu konvoi ? Apa arti kata konvoi ?
  • Apa definisi konvoi ?

Pengertian Konvoi


Pengertian Konvoi Menurut Para Ahli :

Saat ada acara-acara tertentu seperti pernikahan, kunjungan pejabat ke daerah, kelulusan siswa, dan lain sebagainya biasanya kita akan menemukan konvoi kendaraan di jalan-jalan. Pengertian konvoi adalah iring-iringan kendaraan seperti sepeda motor, mobil, kapal, dan lain sebagainya yang dilakukan sekelompok orang dalam perjalanan bersama dan terkadang ada yang disertai dengan pengawalan bersenjata. Pendek kata, arti konvoi adalah jalan bareng.

Konvoi yang diikuti pejabat negara seperti presiden dan wakil presiden biasanya disertai dengan pengawalan bersenjata. Hal ini ditujukan untuk menjaga keamanan peserta konvoi dari kemungkinan-kemungkinan buruk.

Konvoi yang dilakukan harus mendapat izin dari kepolisian setempat. Polisi akan melihat apakah konvoi ini layak atau tidak mendapat izin serta apakah berpotensi menimbulkan kekacauan. Jika dianggap tidak memenuhi persyaratan dan berpotensi mengganggu keamanan dan ketertiban pengguna jalan maka polisi berhak tidak memberikan izin.

Konvoi biasanya dilakukan dengan beberapa tujuan seperti sebagai bentuk perayaan dan ungkapan kegembiraan, contohnya konvoi yang dilakukan oleh siswa-siswa yang baru lulus, konvoi pada acara pernikahan, konvoi menyambut kepulangan tim olahraga yang baru mendapat kemenangan, konvoi pada malam takbiran, dan lain sebagainya.

Ada juga konvoi yang bertujuan untuk saling menjaga satu sama lain seperti konvoi yang dilakukan kendaraan yang akan pergi mudik. Sekelompok orang yang mempunyai tujuan mudik yang sama biasanya melakukan konvoi untuk saling menjaga selama perjalanan, misalnya jika ada yang lelah atau untuk menghindari perampok di jalan. Dibandingkan mudik sendiri tentu lebih aman mudik bersama-sama karena pemudik yang pergi sendirian lebih rentan terkena kejahatan.

Selain itu ada pula konvoi yang dilakukan anggota komunitas atau klub tertentu sebagai ajang untuk bersilaturahmi dan bersosialisasi antar anggota. Biasanya dilakukan dengan rute tertentu atau ada tempat yang dituju. Seperti konvoi mengelilingi pulau Bali yang dilakukan oleh anggota klub motor gede.

Karena melibatkan banyak kendaraan dan dilakukan di jalan raya maka keselamatan merupakan prioritas utama dalam sebuah konvoi. Untuk itu konvoi perlu dilakukan dengan tata cara yang baik diantaranya dengan membuat rute dan checkpoint selama perjalanan, menjaga jarak aman dan memberi jalan dengan kendaraan lain, jika ingin berbelok berilah tanda lampu sein lebih awal, menggunakan lampu besar daripada hazard, jika ingin menyalip sebaiknya lakukan sendiri-sendiri, menggunakan alat komunikasi seperti radio, kendaraan dengan ukuran yang lebih kecil sebaiknya berada di depan, dan jika konvoi terdiri dari banyak kendaraan sebaiknya dibagi dalam kelompok-kelompok yang lebih kecil.


Nah semoga teman-teman bisa memahami pengertian konvoi secara umum ya ! Baca juga pengertian abdikasi 🙂