PENGERTIAN KOORDINASI DAN KOLABORASI


  •  Apa yang dimaksud dengan kordinasi ?
  • Apa itu kordinasi ? Apa itu kolaborasi ?
  • Apa arti kata koordinasi ?
  • Apa tujuan koordinasi dalam organisasi ?

Pengertian Koordinasi dan Kolaborasi


Pengertian Koordinasi Menurut Para Ahli :

Pengertian koordinasi adalah suatu bentuk kerja sama antara badan, unit ataupun instansi untuk melaksanakan tugas-tugas tertentu agar satu dengan yang lainnya saling membantu mengisi dan melengkapi. (Awaluddin Djamin)

Definisi koordinasi adalah suatu bentuk usaha yang teratur dan sinkron untuk menghasilkan sesuatu secara tepat waktu dengan arahan yang seragam untuk mencapai target yang telah ditentukan. (G.R Terry)

Arti koordinasi adalah proses yang terintegrasi pada satu kesatuan tujuan organisasi di berbagai departemen ataupun bidang fungsional lainnya. (Handoko)

Koordinasi adalah kegiatan mengintegrasikan para bawahan untuk bekerja pada suatu arahan tertentu untuk mencapai tujuan oganisasi. (Hasibuan)

Pendek kata, pengertian koordinasi adalah segala bentuk kegiatan yang dilakukan oleh sekelompok orang yang meliputi pertukaran informasi dan pengambilan keputusan / kesepakatan sehingga semua pihak dan keputusan yang diambil tersebut dapat bersinergi dan melakukan fungsinya masing-masing dengan maksimal dan efisien.

Beberapa tujuan dilakukannya koordinasi adalah :

  • Untuk memastikan dan menciptakan efektifitas organisasi / kelompok semaksimal mungkin dengan menjaga sinkronisasi, keserasian, kebersamaan dan keseimbangan setiap fungsi yang ada.
  • Menciptakan terjadinya konflik dan memaksimalkan terwujudnya setiap poin dalam kesepakatan dengan efektif dan efisien sesuai dengan keputusan yang telah diambil.
  • Melahirkan dan memelihara iklim kerja sama yang sehat dalam setiap lini sehingga fungsi dan tujuan masing-masing unit dapat terlaksana dengan sangat baik.

Pengertian Kolaborasi Menurut Para Ahli :

Definisi kolaborasi adalah suatu proses partisipasi beberapa orang ataupun kelompok organisasi untuk bekerja sama mencapai hasil tertentu (Kusnandar : 2013)

Arti kolaborasi adalah bentuk kerjasama untuk mencapai hasil yang diinginkan sekaligus melahirkan kepercayaan di antara pihak yang terkait (Ilza : 2011)

Pendek kata, pengertian kolaborasi adalah segala bentuk kerja sama yang dilakukan oleh dua orang atau sekelompok orang dalam bidang tertentu.

Tujuan kolaborasi adalah untuk :

  • Memaksimalkan sebuah proyek dengan cara menggabungkan beberapa orang yang kompeten dalam bidang tertentu di dalam proyek tersebut. Contoh: membuat sebuah kolaborasi pertunjukan musik dengan cara mengabungkan beberapa penyanyi dari beberapa negara dalam 1 panggung.
  • Menambah warna dari sebuah kegiatan / proyek dengan cara mengkolaborasikan hal-hal atau pemikiran yang sebelumnya belum pernah dilaksanakan. Contoh : Menggabungkan pertunjukan musik klasik dengan teater anak-anak yang tentu akan menjadikan pertunjukan itu berbeda dari konsep-konsep sebelumnya.

Semoga teman-teman bisa memahami pengertian koordinasi dan kolaborasi secara umum ya ! Baca juga pengertian asas 🙂