PENGERTIAN KREATIF DAN CONTOHNYA


  • Pengertian kreatif dan contohnya itu apa sih ?
  • Apa yang dimaksud dengan kreatif ?
  • Apa itu kreatif ? Apa arti kata kreatif ?
  • Apa contoh kreatif dalam kewirausahaan ?

Pengertian Kreatif dan Contohnya


Pengertian Kreatif Menurut Para Ahli :

Pengertian kreatif adalah kemampuan untuk memberi suatu gagasan baru dalam pemecahan masalah. (Conny R. Semiawan)

Arti kreatif adalah suatu proses pemikiran yang membantu mencetuskan berbagai gagasan baru yang merupakan salah satu sifat manusia yang dibentuk dari proses pengalaman sehingga menyebabkan orang tersebut bisa terus memperbaiki dan mengembangkan dirinya. (Anderos : 1961)

Definisi kreatif adalah sebuah kemampuan untuk membuat suatu sistem atau komposisi yang baru. (Havvel : 1962)


Persaingan hidup pada zaman sekarang demikian ketat. Setiap saat muncul pesaing-pesaing baru dalam berbagai bidang. Untuk menjaga eksistensinya maka kreativitas mutlak diperlukan seseorang atau badan usaha. Bahkan setiap perusahaan memiliki departemen khusus pengembangan produk yang tujuannya untuk mengembangkan produk-produk baru untuk kelangsungan hidup perusahaan.

Contohnya saja seorang pelawak di televisi, kita sebagai penonton tentu akan merasa bosan jika isi lawakannya itu-itu saja. Agar tetap disukai penonton seorang pelawak harus kreatif membuat lawakan baru atau menyajikan lawakan lama dengan gaya baru sehingga penonton tidak merasa bosan.

Secara umum, pengertian kreatif adalah kemampuan untuk menciptakan hal-hal baru atau cara-cara baru dari sesuatu yang sudah ada sebelumnya. Sifat kreatif ini muncul biasanya karena ada halangan atau rintangan yang membutuhkan solusi baru untuk menghadapinya.

Contohnya seorang ibu yang tidak mampu membelikan mainan untuk anaknya. Ibu tersebut kemudian membuatkan sendiri mainan untuk anaknya dengan menggunakan barang-barang bekas di rumah. Ibu ini telah melakukan sesuatu yang kreatif dengan memanfaatkan apa yang sudah ada menjadi sesuatu yang baru.

Contoh kreatif dalam kewirausahaan seperti usaha membuat tas dari koran bekas, membuat kam tangan dari bambu, pembuatan bingkai kacamata dari kayu dsb.

Ada pekerjaan-pekerjaan yang menuntut kreativitas yang tinggi seperti pelawak, penulis, seniman, dan lain sebagainya. Sebaliknya ada pula pekerjaan yang sifatnya monoton dan rutin setiap hari seperti pekerja kantoran.

Biasanya pekerjaan yang menuntut kreativitas tinggi mendapatkan penghasilan yang jauh lebih besar daripada pekerjaan yang sifatnya monoton karena mereka dituntut untuk terus berpikir menghasilkan hal-hal baru. Coba saja kita bandingkan penghasilan penulis novel dengan pekerja kantoran, tentu penulis novel memiliki penghasilan yang jauh lebih besar.

Oleh karena itu seseorang harus terus mengasah kreativitasnya dengan cara-cara berikut, diantaranya dengan mulai membiasakan menggunakan bagian tubuh yang tidak dominan. Misalnya jika kita biasa menulis, menggosok gigi, atau memegang handpone menggunakan tangan kanan, maka mulailah melakukan itu semua dengan tangan kiri. Menurut penelitian hal ini dapat memperkuat hubungan saraf-saraf yang telah ada serta membentuk saraf baru.

Kemudian membaca, bermain puzzle dan teka-teki silang, bermain game yang membutuhkan pengaturan strategi, melakukan hal-hal di luar rutinitas sehari-hari, mempelajari bahasa asing, mendengarkan musik, melatih fisik, bersosialisasi, melakukan hobi-hobi baru, dan lain sebagainya juga dapat meningkatkan kreativitas seseorang.


Nah itulah penjelasan tentang pengertian kreatif dan contohnya secara singkat. Semoga teman-teman bisa memahami pengertian kreatif secara umum ya ! Baca juga pengertian membabat 🙂