PENGERTIAN KRIMINALITAS DAN CONTOHNYA


  • Pengertian kriminalitas dan contohnya itu apa sih ?
  • Apa yang dimaksud dengan kriminalitas ?
  • Apa itu kriminalitas ? Apa arti kriminalitas ?
  • Apa contoh kriminalitas yang ada di masyarakat ?

Pengertian Kriminalitas dan Contohnya


Pengertian Kriminalitas Menurut Para Ahli :

Pengertian kriminalitas adalah segala bentuk perbuatan atau tindakan yang dilakukan oleh seseorang / beberapa orang sekaligus, yang mana perbuatan tersebut melanggar hukum pidana.

Pengertian kriminalitas adalah segala macam aktivitas yang ditentang masyarakat karena melanggar hukum, sosial dan agama serta merugikan baik secara psikologis ataupun ekonomis (Kartono:1999)

Definisi kriminalitas adalah suatu perbuatan yang merugikan korban terkadang juga merugikan masyarakat karena dapat menghilangkan ketertiban dan ketentraman (R. Susilo)

Pengertian kriminalitas adalah tingkah laku yang melanggar hukum dan oleh karenanya dapat dijatuhi hukuman berupa denda, penjara sampai hukuman mati (Elliat)

Arti kata kriminalitas adalah perbuatan antisosial yang dilakukan secara sadar ataupun tidak sadar (W. A. Bonger)

Pengertian kriminalitas adalah tindak kejahatan yang dilakukan secara sadar dan tidak sadar baik oleh wanita ataupun pria yang merugikan orang lain. Kriminalitas bukanlah warisan atau bawaaan sejak lahir (Kartini Kartono:2005)

Kriminalitas merupakan sebuah tindakan yang bersifat negatif, di mana setiap pelakunya akan dijerat dengan berbagai macam pasal yang telah diatur penerapannya di dalam undang-undang yang berlaku. Seorang pelaku kriminal tidak selalu identik dengan kelakuan / kehidupan yang kacau dan berantakan, namun beberapa orang bisa saja menjadi seorang pelaku kriminal secara “tidak sengaja” atau dalam kondisi terdesak untuk menyelamatkan dirinya.

Hal seperti ini banyak dialami oleh para wanita, di mana pada suatu kondisi mereka mengalami berbagai macam tindak kejahatan dan sebagai bentuk perlindungan diri mereka melakukan serangkaian tindakan dalam bentuk pemukulan dan yang lainnya kepada pelaku, di mana hal tersebut justru mengakibatkan cedera atau bahkan kematian bagi pelaku kejahatan tersebut. Dalam kejadian seperti ini, si wanita yang tadinya adalah korban berubah status menjadi pelaku kriminal karena tindakan yang dilakukannya melanggar undang-undang pidana.

Ada banyak contoh tindakan kriminal yang terjadi di tengah-tengah masyarakat, beberapa di antaranya seperti poin di bawah ini:

  • Tindakan pembunuhan, baik itu pembunuhan yang direncanakan maupun pembunuhan yang tidak direncanakan.
  • Tindakan penganiayaan, hal ini bisa berbentuk penganiayaan fisik maupun penganiayaan psikis.
  • Tindakan Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT), hal ini adalah salah satu tindakan kriminal yang banyak dialami oleh para wanita, namun pada umumnya mereka jarang mengungkapkannya ke depan publik dengan berbagai alasan, seperti: menjaga perasaan anak-anak dan keluarga besar.
  • Tindak pidana korupsi, ini adalah salah satu tindakan kriminal yang paling banyak menjadi sorotan di media massa. Hal tersebut bisa saja karena para pelaku korupsi adalah pada umumnya mereka yang berkarir di dunia politik dan populer di tengah-tengah masyarakat luas.
  • Tindakan pengedaran obat-obat terlarang, tindakan ini sudah jelas melanggar hukum karena peredaran dan penggunaan obat-obat terlarang telah dilarang dan diatur dengan sangat jelas di dalam undang-undang.

Itulah penjelasan singkat mengenai pengertian kriminalitas dan contohnya. Semoga artikel pengertian kriminalitas menurut para ahli ini bisa bermanfaat bagi teman-teman semua. Baca juga pengertian kredibilitas dan contohnya 🙂