PENGERTIAN KRISIS SOSIAL


  • Pengertian krisis sosial dan contohnya itu apa sih ?
  • Apa yang dimaksud dengan krisis sosial ?
  • Apa itu krisis sosial / arti krisis sosial ?
  • Apa contoh krisis sosial di indonesia ?

Pengertian Krisis Sosial


Pengertian Krisis Sosial Menurut Para Ahli :

Pengertian krisis sosial adalah sebuah keadaan tidak kondusif yang terjadi di tengah-tengah masyarakat, di mana banyak kejadian yang membuat kondisi lingkungan menjadi memburuk dan tidak nyaman serta aman.

Krisis sosial merupakan sebuah gejala yang terjadi di dalam masyarakat, di mana semua kalangan ataupun elemen di dalamnya mungkin saja terlibat dan berperan dalam kejadian / berlangsungnya krisis tersebut. Contoh kasus krisis sosial di tengah masyarakat dapat dilihat di bawah ini:

  • Maraknya pencurian dan perampokan yang terjadi di tengah-tengah masyarakat, baik itu di lingkungan tempat tinggal maupun di tempat-tempat umum. Hal ini tentu saja menimbulkan rasa takut dan was-was bagi masyarakat karena tindakan ini berpotensi untuk menimbulkan kerugian bagi mereka.
  • Tingginya angka kejahatan di jalanan dan di tempat-tempat umum. Seperti kita tahu, ada banyak sekali kejadian dengan berbagai macam motif tindakan kejahatan yang terjadi setiap harinya di tengah-tengah masyarakat, terutama di tempat / fasilitas umum seperti stasiun, terminal dan bahkan jalan raya.
  • Tingginya angka pelecehan seksual yang terjadi di tempat-tempat umum, terutama bagi kaum perempuan, di mana kaum perempuan banyak sekali mendapatkan pelecehan seksual saat melakukan aktifitas di luar rumah. Contohnya: saat berada di angkutan umum (KRL / bus), atau bahkan saat mereka sedang berada di tempat kerja sekalipun.

Sedangkan pengertian krisis sosial budaya berarti krisis lebih ke arah kultur masyarakat. Contoh : eksistenssi permainan tradisional pada anak-anak yang terancam punah akibat majunya teknologi & rusaknya tutur bahasa Indonesia yang baik dan benar karena bahasa sinetron dan perfilman yang tidak mendidik.

Ada banyak hal yang mempengaruhi dan menjadi penyebab terjadinya krisis sosial di tengah-tengah masyarakat, hal ini tentu saja tidak terjadi dalam waktu satu malam saja, namun telah tumbuh dan berkembang dalam masa yang cukup lama. Baberapa di antaranya seperti poin di bawah ini:

  • Minimnya rasa peduli terhadap lingkungan dan orang-orang sekitar, hal ini banyak sekali terjadi pada masyarakat yang tinggal di perkotaan.
  • Tidak ada interaksi dengan komunitas / orang-orang yang bergerak di bidang sosial, sehingga minim sekali informasi mengenai hal ini.
  • Tidak mendapatkan bimbingan / pemberitahuan yang cukup dari orangtua / keluarga mengenai pentingnya menjaga kondisi kehidupan sosial di rumah ataupun lingkungan pergaulan sehari-hari.

Nah semoga teman-teman bisa memahami pengertian krisis sosial dan contohnya ya ! Baca juga pengertian inokulum 🙂