PENGERTIAN KRITIS DAN CONTOHNYA


  • Pengertian kritis dan contohnya itu apa sih ?
  • Apa yang dimaksud dengan kritis ?
  • Apa itu kritis / arti kata kritis ?

Pengertian Kritis dan Contohnya


Pengertian Kritis Menurut Para Ahli :

Pengertian kritis adalah sebuah keadaan yang sangat gawat, genting, krisis dan berada pada kondisi waktu yang paling menentukan.

Pengertian kritis adalah kondisi bahaya yang bisa mengancam dan merenggut nyawa.

Definisi kritis adalah sesuatu yang sudah berada di ujung atau di ambang batas normal.

Kata kritis banyak digunakan di dalam penggunaan kata sehari-hari dan telah dikenal dengan cukup baik, di mana fungsi dan penempatannya pada umumnya sudah berada di jalur yang tepat. Penggunaan kata ini tidak hanya terbatas pada kalangan tertentu saja, namun sudah banyak dipakai oleh berbagai macam kalangan dan usia.

Kata kritis lebih banyak digunakan untuk menggambarkan sebuah kondisi yang buruk dan darurat, di mana biasanya kata ini akan diartikan sebagai sebuah kondisi yang tidak menyenangkan, tidak menggembirakan dan bahkan cenderung sangat mengkhawatirkan. Namun di dalam penggunaannya, kata kritis bisa saja memiliki arti yang berbeda jauh setelah digabungkan dengan kata lainnya. Beberapa contoh penggunaan kata kritis dapat dilihat di bawah ini:

  • Setelah mengalami kecelakaan pada kemarin sore, kondisi anak itu masih dalam keadaan kritis dan jauh dari menggembirakan karena hingga saat ini dia belum juga menyadarkan diri.

Pada kalimat di atas, penggunaan kata kritis adalah merujuk pada arti yang sesungguhnya, di mana kata tersebut digunakan untuk menggambarkan sebuah kondisi darurat yang buruk.

  • Sebagai seorang pemimpin yang baik, seharusnya anda dapat berpikir kritis dan merasakan penderitaan rakyat yang jumlahnya jutaan orang ini.

Di dalam kalimat tersebut kata krtis digabungkan dengan kata di depannya, yakni berpikir, di mana penggabungan kata tersebut pada akhirnya membuat sebuah makna yang baru di dalam kalimat. Berpikir kritis artinya berpikir dengan cerdas, cepat dan relevan dengan segala permasalahan yang sedang dihadapi.

  • Laki-laki yang berkemeja biru itu sangat kritis dan tidak mau terlalu terburu-buru di dalam menentukan hasil pendapatnya terhadap masalah yang kita hadapi saat ini.

Pada kalimat di atas, kata kritis justru memiliki arti yang menggambarkan sifat dari laki-laki tersebut, di mana laki-laki itu memiliki sifat tidak mudah percaya dan selalu berusaha mencari kesalahan / kekeliruan orang lain.


Semoga teman-teman bisa memahami pengertian kritis dan contohnya ya ! Baca juga pengertian berpikir kritis menurut para ahli 🙂