PENGERTIAN KUALITAS KERJA


  • Pengertian kualitas kerja karyawan itu apa sih ?
  • Apa yang dimaksud dengan kualitas tenaga kerja ?
  • Apa itu kualitas kerja ? Apa arti kualitas kerja ?
  • Apakah hubungan antara kualitas kerja yang rendah dengan produktivitas ?
  • Apa saja yang menjadi peningkatan kualitas tenaga kerja ?

Pengertian Kualitas Kerja


Pengertian Kualitas Kerja Menurut Para Ahli :

Pengertian kualitas adalah taraf / tingkat baik buruknya /derajat sesuatu. Menurut Wungu dan Brotoharsojo (2003:57), kualitas dinyatakan dalam suatu ukuran yang dapat dipadankan dengan angka.

Pengertian kualitas kerja adalah mutu seorang karyawan / pegawai dalam hal melaksanakan tugas-tugasnya meliputi kesesuaian, kerapian dan kelengkapan. (Wilson dan Heyel:1987)

Ketepatan yang dimaksud di sini adalah ketepatan dalam melaksanakan pekerjaan, artinya adanya kesesuaian antara rencana kerja dengan sasaran atau tujuan yang telah ditetapkan. Kelengkapan adalah kelengkapan ketelitian dalam melaksanakan pekerjaannya. Dan kerapian adalah kerapian dalam melaksanakan tugas dan pekerjaannya.

Pengertian kualitas kerja karyawan adalah kualitas kerja yang mengacu pada kualitas sumber daya manusia seperti pengetahuan, ketrampilan, dan kemampuan yang dimiliki seorang karyawan. (Matutina:2001)

Pengetahuan adalah kemampuan yang berpatok dan berorientasi pada tingkat intelejensi, daya fikir dan penguasaan ilmu yang ruang lingkup yang luas. Keterampilan mencakup kemampuan dan penguasaan operasional dan hal teknik pada suatu bidang tertentu. Sementara kemampuan adalah sesuatu yang terbentuk karena kompetensi yang dimiliki seorang karyawan, dalam hal ini mencakup kerjasama, loyalitas, kedisiplinan, dan tanggung jawab.

Dapat disimpulkan bahwa kualitas kerja yang rendah akan membuat produktivitas menurut, dan sebaliknya jika kualitas kerja karyawan tinggi maka hal tersebut akan meningkatkan tingkat produktivitas.

Kualitas kerja merupakan salah satu unsur yang dievaluasi dalam menilai kinerja karyawan selain perilaku seperti dedikasi, kesetiaan, kepemimpinan, kejujuran, kerjasama, loyalitas,dan partisipasi karyawan.

Bitner dan Zeithaml (dalam Riorini, 2004:22) menyebutkan bahwa hal yang dapat memicu peningkatan kualitas tenaga kerja antara lain dengan memberikan pelatihan atau training, memberikan insentif atau bonus dan menerapkan teknologi yang dapat menunjang peningkatan efektifitas dan efisiensi kerja.

Dapat disimpulkan bahwa kualitas kerja adalah suatu hasil yang bisar diukur dari tingkat efisiensi & efektifitas seorang karyawan dalam melakukan suatu pekerjaan yang didukung oleh sumber daya lainnya dalam mencapai tujuan perusahaan secara umum.


Itulah beberapa definisi kualitas kerja menurut para ahli. Semoga artikel kualitas kerja ini bisa bermanfaat bagi teman-teman semua ya ! Baca juga pengertian interaktif 🙂